Advertisement

Viral di Twitter, Ini Asal Usul Sukoharjo

Nugroho Meidinata
Kamis, 04 Mei 2023 - 15:47 WIB
Jumali
Viral di Twitter, Ini Asal Usul Sukoharjo Sejumlah pengendara melintas di salah satu titik kerusakan jalan di kawasan perbatasan Gunungkidul dan Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, tepatnya di Desa Sumberejo, Kecamatan Semin, Senin (25/3/2019). - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, SUKOHARJO—Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, baru-baru ini viral di Twitter karena disebut sebagai daerah pelosok, padahal Kabupaten Jamu tersebut mempunyai cerita asal-usul penamaan yang menarik.

BACA JUGA: Viral di Twitter! Oknum TNI Tendang Pemotor Bawa Anak

Advertisement

BACA JUGA:  Simak! Ini Barang Paling Laris saat Ramadan-Lebaran versi Tokopedia

Sukoharjo ramai di Twitter sejak Rabu (3/5/2023) malam lantaran cuitan seorang mahasiswa yang tak mengetahui lokasi kabupaten satu ini. Cuitan tersebut mempertanyakan apakah Sukoharjo itu termasuk wilayah pelosok.

Sejumlah warganet yang tak terima dengan hal itu lantas memberikan tanggapan keras.

“Ya Allah dapat KKN di Sukoharjo, di Sukoharjo ada apa plis pelosok bgt kah Sukoharjo itu?” tulis seorang warganet dengan capslock yang di-screenshot melalui akun @undipmenfess.

Cuitan tersebut viral dan banyak yang tak setuju karena tidak sesuai dengan faktanya. Terkait viralnya cuitan Sukoharjo yang disebut daerah pelosok, kabupaten ini mempunyai asal usul yang bermula dari kawedanan yang posisinya sama seperti Bekonang dan Kartasura.

Diulas Solopos.com-jaringan Harianjogja.com sebelumnya, dahulu Kawedanan Sukoharjo, Bekonang dan Kartasura ini menjadi satu wilayah Kabupaten Kutha Surakarta, di bawah pemerintah Keraton Solo.

Dengan munculnya gerakan anti swapraja kala itu, maka pada 15 Juli 1946 dibentuklah Karesidenan Surakarta. Dengan aturan tersebut, pemerintahan di bawah Keraton Solo maupun Pura Mangkunegaran sudah tidak berlaku lagi.

Keadaan ini membuat para pemimpin untuk membentuk kabupaten baru di luar Kota Solo agar tiga kawedanan, yakni Sukoharjo, Bekonang, dan Kartasura dapat dibina. Kemudian, pemerintahan kala itu menunjuk KRMT Soewarno Honggopati Tjitrohoepojo untuk menjadi Bupati Sukoharjo.

Meski dibilang daerah pelosok, asal usul nama Sukoharjo penuh dengan makna. Dalam bahasa Jawa, Sukoharjo terbagi menjadi dua kata, yakni Suka dan Raharja. Di mana secara keseluruhan memiliki makna Bumi yang selalu senang dan makmur.

BACA JUGA:  Kementerian BUMN Bersama Telkom Bagikan 1000 Paket Sembako Murah di Batulicin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Tutup Defisit, Pemkab Gunungkidul Wajib Pangkas Anggaran Rp60 Miliar

Gunungkidul
| Jum'at, 09 Juni 2023, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Punya Nyali? Coba Kunjungi Destinasi Wisata Jembatan Kaca Terbesar di Dunia Ini

Wisata
| Kamis, 08 Juni 2023, 23:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement