Advertisement

Alhamdulillah, 385 WNI yang Dievakuasi dari Sudan Tiba di Indonesia

Surya Dua Artha Simanjuntak
Jum'at, 28 April 2023 - 10:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Alhamdulillah, 385 WNI yang Dievakuasi dari Sudan Tiba di Indonesia Pemerintah mengevakuasi sebanyak 385 warga negara Indonesia (WNI) dari Sudan melalui Jeddah sudah mendarat ke Jakarta pada Jumat (28/4/2023) pagi. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA–Sebanyak 385 warga negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Sudan melalui Jeddah sudah mendarat di Jakarta, Jumat (28/4/2023) pagi ini.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Dia mengatakan, ratusan WNI itu merupakan evakuasi tahap pertama.

Advertisement

BACA JUGA:  Simak! Ini Barang Paling Laris saat Ramadan-Lebaran versi Tokopedia

"Alhamdullilah, sekitar pukul 05.46 WIB, sebanyak 385 WNI dengan Garuda Indonesia GA 991 telah mendarat di Jakarta. Mereka terdiri dari 248 perempuan dan 137 laki-laki, dan diantara mereka terdapat 43 anak-anak," ungkap Retno dalam keterangan persnya, Jumat (28/4/2023).

Sebelum dipulangkan ke daerah masing-masing, 285 WNI itu akan diinapkan mengingat perjalanan yang panjang.

Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), ujar Retno, juga telah berkoordinasi dengan lembaga terkait untuk memberikan layanan kepada mereka.

"Kemenko PMK dan K/L terkait telah menyiapkan layanan mulai pemeriksaan kesehatan hingga layanan konseling. Kementerian Sosial, Kementerian Dalam Negeri dan pemda terkait akan memfasilitasi kepulangan ke daerah masing-masing," jelasnya.

Lebih lanjut, masih akan ada WNI yang akan dievakuasi dari Sudan setelah terjadi konflik di negara yang terletak di Afrika Utara itu.

Pemulangan WNI tahap kedua, lanjutnya, akan dilakukan pada Sabtu (29/4/2023). Sedangkan, pemulangan tahap ketiga sekaligus menutup seluruh proses evakuasi pada Minggu (30/4/2023) dengan pesawat TNI AU.

"Per saat ini, tinggal 111 orang WNI yang masih berada di Kota Port Sudan. Hari ini mereka akan diterbangkan ke Jeddah dengan pesawat TNI AU," ucap Retno.

Dia pun menekankan evakuasi WNI dari Sudan sudah berjalan dengan lancer, meski setiap prosesnya memiliki tantangan dan kesulitan yang berbeda.

"Pola evakuasi ini kita jalankan untuk merespon situasi lapangan yang sangat cair dan dinamis dan dengan tujuan untuk segera mengeluarkan WNI dari wilayah konflik yang berbahaya. Alhamdullillah pola ini berjalan dengan lancar dan kita bahkan membantu beberapa WNA untuk ikut dalam evakuasi kita," ungkap Retno.

BACA JUGA:  Kementerian BUMN Bersama Telkom Bagikan 1000 Paket Sembako Murah di Batulicin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Tutup Defisit, Pemkab Gunungkidul Wajib Pangkas Anggaran Rp60 Miliar

Gunungkidul
| Jum'at, 09 Juni 2023, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Punya Nyali? Coba Kunjungi Destinasi Wisata Jembatan Kaca Terbesar di Dunia Ini

Wisata
| Kamis, 08 Juni 2023, 23:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement