Advertisement

Bertemu Sejam, Jokowi dan Megawati Bahas Ini

Surya Dua Artha Simanjuntak
Kamis, 27 April 2023 - 13:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Bertemu Sejam, Jokowi dan Megawati Bahas Ini Presiden Joko Widodoatau Jokowi dan Ibu Negara Iriana berkunjung ke kediaman Presiden RI Kelima yang juga Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri di Jalan Teuku Umar, Menteng Jakarta Pusat, Kamis (27/4/2023). - Dok. PDIP

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama istrinya, Iriana, mendatangi kediaman Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri di Jalan Teuku Umar, Menteng Jakarta Pusat pada Kamis (27/4/2023).

Ini merupakan rangkaian silaturahmi dan ber-halalbihal di tengah momen Idul Fitri 1444 Hijriyah yang dilakukan Jokowi dan Iriana. Megawati sendiri didampingi oleh Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto. 

Advertisement

Usai sampai, Ibu Negara Iriana berpelukan dan mencium pipi Megawati. Jokowi dan Iriana pun lanjut menyalami Hasto. Setelah itu, Megawati mempersilahkan Jokowi dan Iriana memasuki ruang tamu untuk berbincang.

Hasto berpendapat, tradisi halalbihalal momen Idulfitri merupakan budaya sangat khas Indonesia. Menurutnya, halalbihalal digagas oleh Bung Karno Soekarno bersama dengan Rais Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Abdul Wahab pada 1948. Tujuannya, untuk mempererat persatuan dan persaudaraan.

Momen halalbihalal kali ini juga dipengaruhi suasan politik nasional yang terjadi pasca keputusan PDIP menetapkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres). Hasto menjelaskan, Megawati dan Jokowi tampak akrab berbincang mengenai dinamika politik terkini pasca diumumkannya pencapresan Ganjar.

“Jadi meski suasana Lebaran, kedua pemimpin tersebut berada dalam suasana yang akrab, juga berbincang-bincang mengenai dinamika politik pasca penetapan capres Ganjar Pranowo. Semua nampak bergembira,” ujarnya.

Pertemuan Jokowi-Iriana dan Megawati berlangsung selama satu jam. Usai pertemuan, Megawati didampingi Hasto melepas Jokowi dan Iriana.

Sebagai informasi, PDIP resmi mengusung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai capres untuk menghadapi ajang Pilpres 2024. Pengumuman itu disampaikan langsung oleh Megawati dan Jokowi pada Jumat (21/4/2023) di Istana Baru Tulis, Bogor, Jawa Barat.

Tak lama setelah PDIP, Partai Hanura dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mengikuti mengumumkan Ganjar sebagai capres usungan mereka untuk Pilpres 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Pilkada Jogja, Afnan Paling Populer di Kalangan Anak Muda versi Survei LFP Indo

Jogja
| Senin, 15 Juli 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

6 Destinasi Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi di Bogor

Wisata
| Minggu, 14 Juli 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement