Advertisement

Gempa Mentawai 6,9SM, Sebagian Pengungsi di Pusat Gempa Bertahan

Muhammad Noli Hendra
Selasa, 25 April 2023 - 12:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Gempa Mentawai 6,9SM, Sebagian Pengungsi di Pusat Gempa Bertahan Teknologi deteksi gempa dan tsunami menggunakan platform buoy atau pelampung yang tertanam dengan semacam jangkar di dasar laut agar posisinya terjaga, dikenal dengan sistem deteksi tsunami berbasis buoy. - Dok. BRIN

Advertisement

Harianjogja.com, PADANG—Ribuan masyarakat yang mengungsi akibat gempa bumi magnitudo 6,9 pada Selasa (25/4) pukul 03.00 WIB dilaporkan telah kembali ke rumah. Meski begitu, sebagian pengungsi di pusat gempa memilih untuk bertahan.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Sumbar Rumainur mengatakan masyarakat sempat mengungsi akibat gempa yang disertai peringatan tsunami itu. 

Pengungsi terbesar terpantau di sepanjang pesisir pantai Sumbar yakni Kota Padang, Pesisir Selatan, Pariaman, Padang Pariaman, Agam, Pasaman Barat, dan Kepulauan Mentawai.

"Laporan dari BPBD kabupaten dan kota, masyarakat yang mengungsi tadi pagi, kini telah kembali ke rumah. Hanya di Mentawai yang masyarakatnya masih bertahan di lokasi pengungsian," katanya ketika dihubungi Bisnis di Padang, Selasa (25/4/2023).

Menurutnya kembalinya masyarakat yang mengungsi itu, seiring telah berakhirnya masa Peringatan Dini Tsunami yang disampaikan oleh BMKG.

"Masyarakat awalnya enggan untuk kembali ke rumah, karena khawatir akan terjadi gempa susulan dengan kekuatan yang besar. Tapi adanya pernyataan dari BMKG soal berakhirnya masa peringatan dini tsunami itu, barulah berangsur kembali ke rumah mereka," jelasnya.

Rumainur menyebutkan hanya masyarakat di Kepulauan Mentawai yang masih tetap bertahan hingga saat ini di tempat pengungsian, karena masyarakat masih trauma untuk kembali ke rumah.

"Gempa susulan masih terasa, tapi kekuatan dibawah gempa pukul 03.00 WIB tadi pagi tadi," ungkapnya.

Untuk masyarakat di Mentawai yang masih mengungsi, BPBD menyadari sebagai dampak yang berada di pusat gempa masih tersimpan rasa khawatir.

"Informasi terbaru, ada juga yang telah kembali ke rumah, tapi belum semuanya. Masih banyak di lokasi pengungsian yakni di atas perbukitan di Mentawai," tegas dia. 

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembali Tampil di Pilkada Gunungkidul Tahun Ini, Ini Gagasan yang Diusung Sutrisna Wibawa

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement