Advertisement

Hindari Puncak Arus Balik Lebaran 2023, Ini Pesan Presiden Jokowi

Alifian Asmaaysi
Senin, 24 April 2023 - 10:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Hindari Puncak Arus Balik Lebaran 2023, Ini Pesan Presiden Jokowi Presiden Joko Widodo menyampaikan ucapan selamat Idulfitri 1 Syawal 1444 Hijriah - Biro Pers Setpres

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA— Masyarakat diimbau untuk menghindari puncak arus balik gelombang pertama yang diprediksi akan terjadi pada hari ini, Senin (24/4/2023) dan besok, Selasa (25/4/2034). 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak masyarakat untuk dapat melakukan perjalanan balik dari kampung halaman pada Rabu, 26 April 2023 mendatang. Hal ini untuk mencegah kepadatan lalu lintas di jalur balik.

Advertisement

"Untuk memecah penumpukan yang terjadi pada puncak arus balik pada 24 April dan 25 April 2023 secara bersamaan, pemerintah mengajak masyarakat yang tidak ada keperluan mendesak untuk menghindari puncak arus balik tersebut," kata Jokowi dikutip dari Youtube Setpres, Senin (24/4/2023). 

Jokowi melanjutkan, ketentuan tersebut khususnya berlaku bagi ASN, TNI, Polri, dan pegawai BUMN ataupun pegawai swasta yang teknis liburnya dapat diatur oleh perusahaan masing-masing baik berupa cuti tambahan atau cuti lainnya. 

Untuk diketahui, data Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi setidaknya 203.000 kendaraan per hari datang dari arah timur jalan tol trans jawa dan dari arah bandung menuju tol Jakarta - Cikampek selama periode arus balik gelombang pertama berlangsung. 

"Tentu ini merupakan jumlah yang sangat besar dibandingkan jumlah normalnya yakni 53.000 kendaraan," ujarnya.

Terakhir, orang nomor 1 di RI tersebut juga meminta agar para pemudik untuk tetap senantiasa berhati-hati dan mematuhi aturan serta mengikuti arahan petugas di lapangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pengeroyokan Anggota PSHT, 3 Tersangka Pelaku Utama, Senjata Tajam Jadi Misteri

Bantul
| Senin, 05 Juni 2023, 17:07 WIB

Advertisement

alt

Bukan Laut Mati, Ternyata Perairan Paling Asin di Bumi Ada di Kolam Ini

Wisata
| Minggu, 04 Juni 2023, 16:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement