Advertisement

Lainnya Libur, Orang-orang Ini Sibuk Kerja dan Tak Mudik. Kamu Termasuk?

Rizqi Rajendra
Jum'at, 21 April 2023 - 23:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Lainnya Libur, Orang-orang Ini Sibuk Kerja dan Tak Mudik. Kamu Termasuk? Personel kepolisian menata pembatas jalan saat penutupan ke arah Jakarta di pintu keluar tol Brebes Timur, Jawa Tengah, Selas (18/4/2023). Polres Tegal, Dinas Perhubungan dan pihak tol Pejagan-Pemalang pada arus mudik H-4 menutup akses masuk tol ke arah Jakarta karena akan diberlakukan "one way" dari Jakarta menuju Jawa Tengah. ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah - hp.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Tidak semua orang bisa merasakan libur Lebaran dan mudik ke kampung halaman. Beberapa orang dengan profesi dan pekerjaan tertentu mengharuskan mereka tetap bekerja dan menunda liburnya. 

Siapa mereka? Dilansir dari Bisnis.com--jaringan Harianjogja.com, berikut ini paparannya:

Advertisement

1. Petugas Bandara

Banyaknya masyarakat yang mudik melalui jalur udara membuat petugas bandara harus rela menahan hasrat untuk tidak bertemu keluarga di kampung halaman, demi membantu kelancaran para penumpang yang hendak naik maupun turun dari pesawat.

Bahkan, ada petugas bandara yang rela bertahun-tahun tidak mudik Lebaran ke kampung halaman karena harus selalu bersiaga di bandara. Tugas mereka membantu penumpang dari mulai check in di bandara hingga proses boarding untuk naik ke pesawat.

"Saya bertahun-tahun tidak mudik ke kampung halaman saya di Lampung, sudah dari tahun 2015. Kalau orang tua di kampung sih pasti nanya setiap saya nggak pulang, namanya orang tua rindu anaknya kan. Tapi ya mau gimana lagi, kan tuntutan pekerjaan juga namanya di bandara kan kita harus melayani penumpang," ujar Agung, salah satu petugas Bandara Soekarno Hatta saat ditemui Bisnis pada Jumat, (21/4/2023).

Baca juga: Simak Pesan Sri Sultan HB X dalam Idulfitri 2023

2. Aparat TNI-Polri

Profesi lainnya yang tidak mudik adalah aparat TNI maupun kepolisian. Mereka bertugas untuk mengamankan situasi di Jakarta agar tetap kondusif selama periode libur Lebaran, meskipun ditinggalkan oleh para warga ke kampung halaman masing-masing.

Berdasarkan laman resmi Polda Metro Jaya, pihak kepolisian mengerahkan sekitar 6.544 personel gabungan dalam Operasi Ketupat Jaya 2023 untuk mengamankan lalu lintas pada periode libur Lebaran mulai 17 April hingga 1 Mei 2023.

"Kalau saya selama 26 tahun berdinas menjadi polisi sudah biasa tidak mudik, orang tua juga sudah tahu. Bahwa momen hari-hari besar seperti Lebaran maupun Tahun Baru kami ini tidak bisa pulang kampung karena pasti ada operasi, dan mereka pun memahami. Biasanya setelah Lebaran baru kami dikasih izin libur selama tiga hari," ujar Kepala Pos Pengamanan Bundaran HI, AKP Irawan saat ditemui Bisnis di lokasi pada Kamis, (20/4/2023) sore.

3. Jurnalis

Para jurnalis, baik di media televisi, radio, media maupun cetak atau daring pun mengalami hal serupa, mereka rela untuk tidak mudik ke kampung halaman karena tuntutan pekerjaan untuk selalu mengabarkan informasi terkini kepada khalayak.

Alih-alih mudik Lebaran, para jurnalis justru meliput hal-hal informatif untuk membantu kelancaran pemudik, seperti liputan arus mudik di sejumlah ruas jalan tol, ketersediaan pasokan BBM di berbagai lokasi mudik, hingga situasi terkini seperti sidang isbat jelang Hari Raya Idulfitri.

"Kalau saya sih lebih ke mencari pengalaman baru ya, karena masih muda dan ini tahun pertama jadi jurnalis. Orang tua di kampung halaman saya pun tidak masalah karena ini untuk pengalaman kerja, hitung-hitung liburan juga," ujar Anshary, salah satu jurnalis media ekonomi nasional yang melakukan liputan Jelajah Lebaran 2023.

4. Petugas SPBU

Salah satu profesi yang kerap luput dari perhatian masyarakat adalah petugas SPBU. Di saat masyarakat banyak yang mudik menggunakan jalur darat, petugas SPBU lah yang berperan penting untuk mengisi BBM dari setiap kendaraan pemudik.

Sering kali, petugas SPBU terpaksa tidak bisa mudik ke kampung halaman karena harus bersiaga di SPBU tempatnya bertugas guna memastikan distribusi BBM kepada pemudik berjalan dengan lancar.

5. Pemadam Kebakaran

Profesi terakhir yang harus bertugas selama periode Lebaran 2023 adalah petugas pemadam kebakaran. Mereka tidak bisa untuk pulang ke kampung halaman lantaran harus selalu siap siaga ketika kebakaran melanda.

Dapat dibayangkan, jika petugas pemadam kebakaran tidak bertugas ketika periode Lebaran 2023 di saat rumah-rumah warga justru banyak yang kosong ditinggalkan oleh pemiliknya ke kampung halaman. Oleh karenanya, petugas pemadam kebakaran juga memiliki peran yang signifikan selama periode libur Lebaran.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Alert! Stok Darah di DIY Menipis, PMI Dorong Instansi Gelar Donor Darah

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement