Advertisement

Stok BBM di Jateng-DIY Dijamin Aman

Newswire
Rabu, 19 April 2023 - 11:47 WIB
Maya Herawati
Stok BBM di Jateng-DIY Dijamin Aman Ilustrasi pasokan BBM - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SEMARANG—Pasokan bahan bakar minyak (BBM) dipastikan oleh PT Pertamina (Persero)  dalam kondisi aman untuk wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Hal tersebut diungkapkan oleh Erry Widiastono, Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina saat ditemui di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Pengapon, Semarang, Senin (17/4/2023). 

Advertisement

Erry menyampaikan bahwa kondisi stok BBM dipastikan aman, Hingga saat ini rerata kebutuhan stok kebutuhan stok BBM selama periode Ramadan dan Idulfitri adalah sebanyak 25 hari. 

Erry menjelaskan, pemenuhan kebutuhan BBM selama masa Ramadan dan Lebaran dilakukan dengan mengoptimalkan produksi BBM di kilang-kilang Pertamina atau meningkatkan produksi kilang di atas rata-rata. Melalui optimalisasi produksi dari kilang tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan selama masa mudik.

Selain dari kilang, Pertamina juga melakukan upaya-upaya peningkatan produksi migas dari hulu serta menjaga distribusi dengan menggunakan kapal. Ia mengatakan, stok buffer BBM akan ditingkatkan selama periode ini. 

"Kami juga meningkatkan tonase dari stok BBM yang ada di kapal-kapal," kata Erry.

BACA JUGA: Jangan Khawatir, Stok BBM SPBU Tol Trans Jawa Aman

Ia juga menjelaskan, optimalisasi stok yang ada saat ini dilakukan dengan mendorong distribusi stok BBM tersebut langsung ke end terminal/depo. Erry menjelaskan, stok BBM akan langsung dialirkan ke end terminal, tidak lagi disimpan ke main terminal. 

Dia menuturkan, hal ini sudah sesuai dengan upaya mitigasi perusahaan jika ada peningkatan konsumsi di luar perhitungan. 

Selain memastikan ketahanan stok BBM dan LPG dalam menghadapi periode mudik 2023, Pertamina wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta telah mempersiapkan layanan tambahan yang akan membantu para pemudik mendapatkan akses energi.

Selama periode Ramadan dan Idulfitri 2023,Pertamina telah menyiapkan skenario pelayanan BBM. Layanan yang diberikan Pertamina berupa 12 titik Pertashop, 1 titik SPBU Modular, 9 titik SPBU Reguler, 4 titik Mobil Siaga, dan 91 Motoris yang siap menyalurkan BBM ke pemudik di jalur tol dan non tol di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Bagi para pemudik di wilayah ini yang kehabisan BBM dapat menghubungi call center Pertamina 135. Call center akan menanyakan posisi pemudik dan menugaskan petugas untuk segera ke posisi pelanggan dalam durasi waktu 15-20 menit. 

"Kebutuhan BBM yang masuk dalam layanan tersebut adalah Pertamax, Pertamax Turbo dan Dexlite," pungkas Erry. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

LITERASI KESEHATAN: Warga Lansia Diminta Bijak Memilih Jenis Olahraga

Gunungkidul
| Jum'at, 26 April 2024, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement