Advertisement

Rest Area Darurat KM 81 di Tol Cipali Mulai Beroperasi, Apa Saja Fasilitasnya?

Pernita Hestin Untari
Selasa, 18 April 2023 - 01:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Rest Area Darurat KM 81 di Tol Cipali Mulai Beroperasi, Apa Saja Fasilitasnya? Rest Area Darurat KM 81 di Tol Cipali Mulai Beroperasi Hari Ini, Senin (17/4/2023) - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA— Mulai Senin (17/4/2023), Rest Area KM 81 di Ruas Jalan Cikopo-Palimanan (Cipali) Puwakarta, Jawa Barat mulai beroperasi fungsional. Terdapat dua jalur yakni A untuk arah Jakarta-Cirebon dan B arah sebaliknya di rest area tersebut.

Rest area tersebut akan beroperasi mulai 17 April 2023 sampai Lebaran H+7 atau maksimal 1 Maret 2023. Pantauan Bisnis, ada beberapa fasilitas yang dapat digunakan oleh para pemudik di rest area tersebut.

Advertisement

Sebgaian besar fasilitas masih dibangun menggunakan kontainer-kontainer, serta aliran listrik melalui  genset. Ada posko kesehatan dengan tim medis 24 jam, pos polisi Polres Purwakarta, mushola, tempat wudhu, toilet, tempat istirahat manula, dan laktasi.

Rendra Irawan, Koordinator SPV PT Gapura Transnusa mengatakan rest area juga akan dilengkapi dengan tenant makanan yang aktif mulai besok.

“Fasilitas di sini memang masih bersifat urgent [mendesak]. Kami juga sediakan tenant makanan yang aktif besok, setelah itu toilet dua kontainer pria dan wanita mushola dan itu toilet tambahan apabila kapasitas penuh bisa dilempar ke belakang nanti juga akan ada ambulans di A dan B,” papar Rendra saat ditemui di Rest Area KM 81, Senin (17/5/2023).

Rendra mengatakan bahwa hari ini pemudik masih lenggang sekitar pukul 22.30 WIB. Ada sekitar puluhan kendaraan hilir mudik berhenti di rest area tersebut.

Dia memperkirakan lonjakan pemudik akan terjadi pada Selasa, 18 April 2023 sore hingga Jumat, 21 April 2023. Dia menambahkan bahwa rest area dapat menampung 200 unit mobil.

Dia ingin masyarakat dapat memanfaatkan rest area tersebut untuk beristirahat. Selain itu, dia juga berharap dengan alternatif rest area tersebut dapat mengakomodir pemudik agar tidak berhenti di bahu jalan.

“Banyak kendaraan yang melipir di pinggir [jalan] itu kan tidak boleh. Jadi disiapkan 81 ini untuk mengakormodir pemudik dari Jakarta  yang turun dari MBZ [Jalan Layang Sheikh Mohammed Bin Zayed].  Rest Area KM57 pasti penuh, langsung ke arah Jawa ya ini paling pertama mudah-murahan bisa istirahat sebentar walaupun masih seadaanya,” tandasnya.

Di sisi lain, ada juga Sriyanto (36) pemudik asal Jambi yang memilih untuk beristirahat di KM 81. Dia mengaku terbantu dengan adanya Rest Area tersebut.

“Iya terbantu, lumayan untuk istirahat sebentar di sini,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Kamis 25 April 2024: Kasus Penggelapan Pajak hingga Sosialisasi Tol Jogja-YIA

Jogja
| Kamis, 25 April 2024, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement