Advertisement

Generasi Milenial Ternyata Tertarik dengan Cara Membuat Shibori

Galih Eko Kurniawan
Kamis, 13 April 2023 - 09:07 WIB
Galih Eko Kurniawan
Generasi Milenial Ternyata Tertarik dengan Cara Membuat Shibori Pelatihan pembuatan batik shibori. - Harian Jogja - ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Lokakarya pembuatan shibori yang diadakan sukarelawan Srikandi Ganjar di Cangkir Heritage Resto & Coffee ternyata menarik minat generasi milenial, Kamis (13/4/2023).

Hal itu salah satunya diungkapkan Erlin yang menjadi peserta dalam lokakarya itu. Bagi perempuan berusia 24 tahun itu, lokakarya bisa meningkatkan kemampuan dirinya dalam bergerak di sektor usaha mikro kecil menengah.

Advertisement

“Acara yang digagas Srikandi Ganjar ini patut diapresiasi karena memiliki manfaat besar bagi anak-anak milenial yang jadi peserta lokakarya. Selain kini bisa memahami cara pembuatan shibori, peserta juga punya bekal khusus untuk jadi pelaku UMKM,” ungkapnya, Kamis.

Koordinator Wilayah Srikandi Ganjar DIY Herawati mengatakan kelompoknya melibatkan sejumlah perempuan milenial di lokakarya itu. Lokakarya yang khusus mengedukasi mengenai cara pembuatan shibori. Selain pelatihan, di acara itu Srikandi Ganjar turut mengenalkan sosok Ganjar Pranowo kepada para peserta.

Shibori dipilih karena model itu merupakan salah satu batik yang digemari di dalam negeri meski memakai Teknik dari Jepang. Seiring perkembangan zaman, shibori juga mengalami perubahan, seperti menggunakan kain yang lebih berkualitas, corak semenarik mungkin dan lebih berwarna.

Herawati menilai pelatihan ini sangat tepat, apalagi menjelang Lebaran seperti sekarang. “Kegiatan membuat shibori ini bisa dijadikan ide usaha bagi para milenial,” paparnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Begini Cara Cek Lokasi Google Map Junction Sleman yang Menghubungkan Tol Jogja Solo, Jogja Bawen dan Jogja YIA

Jogja
| Kamis, 01 Juni 2023, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Long Weekend, Asita Perkirakan Wisatawan Lebih Ramai dari Lebaran

Wisata
| Rabu, 31 Mei 2023, 18:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement