Advertisement

MES-ICMI Kolaborasi, Erick Thohir Tekankan Akselerasi Ekonomi Syariah Indonesia

Media Digital
Rabu, 12 April 2023 - 08:07 WIB
Sunartono
MES-ICMI Kolaborasi, Erick Thohir Tekankan Akselerasi Ekonomi Syariah Indonesia Ketua Umum MES Erick Thohir di sela-sela Khazanah Fest di Masjid At-Thohir, Depok, Jawa Barat, Selasa (11/4/2023). - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, DEPOK—Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) berkolaborasi dengan Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) dalam mengembangkan inovasi dan ekonomi syariah. Hal ini ditandai dengan penandatanganan yang dilakukan Ketua Umum MES Erick Thohir dan Ketua Umum ICMI Prof Arif Satria di sela-sela Khazanah Fest di Masjid At-Thohir, Depok, Jawa Barat, Selasa (11/4/2023).

"Dengan festival ramadan, kita bisa perlihatkan bahwa masjid itu sejuk kalau dirawat dan tidak hanya sebagai tempat ibadah tapi tempat silaturahmi serta mendorong kerja sama dalam pengembangan ekosistem ekonomi syariah," ujar pria berdarah Lampung-Majalengka tersebut.

Advertisement

BACA JUGA : Terima Kabar Wasit Terlibat Match Fixing, Erick Thohir

Erick menyampaikan peningkatan inovasi dan sumber daya manusia (SDM) merupakan kunci utama keberhasilan dunia usaha saat ini. Inovasi akan melahirkan terobosan yang memang benar-benar menjadi kebutuhan umat.

"Ini yang kadang-kadang kita sebagai umat tertinggal, padahal sejarah mencatat bagaimana Islam selalu terdepan dalam dunia matematika hingga ilmu. Ini yang harus kita perbaiki dan insyaAllah menghasilkan sesuatu yang baik untuk seluruh umat," ucap Erick.

Ia mengatakan pengembangan ekonomi syariah sudah berada pada jalur yang tepat. Indonesia kini telah memiliki Bank Syariah Indonesia (BSI) sebagai bank syariah terbesar ke-6 di Indonesia. Erick optimistis BSI akan menduduki lima besar bank di Indonesia pada masa mendatang.

Kelahiran BSI merupakan tonggak pencapaian bersejarah bagi negeri dengan umat Islam terbesar di dunia. Erick mengatakan BSI merupakan garda terdepan dalam ekosistem ekonomi syariah agar Indonesia dapat menjadi produsen industri halal, bukan sekadar menjadi market bagi negara lain.

BACA JUGA : Alasan Erick Thohir Jadi Cawapres Pilihan

"Ini yang harus kita perbaiki, Indonesia sebagai produsen industri halal, bukan justru negara-negara seperti Cina, Argentina, Thailand, Taiwan yang memproduksi industri halal, contoh produk-produk haji banyak sekali dari mereka. Ini kenapa saya dengan Menteri Agama sepakat memperbaiki sistem industri ekonomi syariah dengan dorong suplai haji, semua makanan dari kita," kata Erick.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Sleman
| Selasa, 16 April 2024, 19:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement