Advertisement

Tol Cisumdawu Dioperasikan Terbatas saat Mudik Lebaran 2023

Lorenzo Anugrah Mahardhika
Senin, 10 April 2023 - 10:37 WIB
Sunartono
Tol Cisumdawu Dioperasikan Terbatas saat Mudik Lebaran 2023 Foto udara Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) seksi dua di kawasan Ranca Kalong, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Selasa (17/3). Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan jalan tol Cisumdawu bisa rampung pada akhir 2020. Jalan tol sepanjang 61,5 kilometer ini merupakan akses baru dari Bandung menuju Bandara Internasional Jawa Barat, Majalengka. Bisnis - Rachman

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Pemerintah memastikan Tol Cileunyi–Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) akan beroperasi terbatas dari siang hingga sore pukul 15.00 WIB selama mudik Lebaran 2023.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengatakan operasional terbatas dilakukan untuk tol seksi 4, 5, dan 6 dari Cimalaka sampai ke Dawuan. “Tanggal 15 April 2023, tol Cisumdawu seksi 4, 5, dan 6 ini sudah selesai dan secara fungsional bisa digunakan,” ujar Muhadjir, Minggu (9/4/2023).

Advertisement

BACA JUGA : Jalan Tol Cisumdawu Bakal Dibuka H-7 Lebaran 2023

Operasional terbatas diharapkan dapat membantu memperlancar arus mudik, khususnya di Jawa Barat dan sekitarnya. Dalam kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan operasional terbatas tersebut demi mempertimbangkan aspek keselamatan bagi para pemudik yang melewati Tol Cisumdawu.

“Jadi kepada saudara-saudara kita yang akan mudik dari Bandung menuju ke arah Cipali melalui tol Cisumdawu, atas izin dari Menteri PUPR, hanya dapat dioperasikan dari siang hari hingga sore pukul 15.00 WIB,” kata Budi Karya.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menambahkan pelaksanaan pembukaan fungsional Tol Cisumdawu akan mengikuti arahan Korlantas Polri. "Apakah akan diberlakukan contra flow, one way, atau buka-tutup semuanya mengikuti arahan Korlantas Polri sesuai kondisi di lapangan dengan simulasi yang sudah disiapkan,” ujar Basuki.

Dia memperkirakan operasional Tol Cisumdawu secara menyeluruh akan dilakukan pada akhir Mei 2023. Paling lambat, pada tanggal tersebut, semua ruas bisa beroperasi untuk mendukung operasional Bandara Kertajati.

BACA JUGA : Jusuf Hamka, Pengusaha Pertama yang Rela Rogoh

Sebelumnya, tol Cisumdawu seksi 1, 2, dan 3 mulai dari Cileunyi-Jatinangor-Sumedang-Cimalaka telah diselesaikan dan mendukung kelancaran arus kendaraan pada masa libur Natal dan tahun baru (Nataru) 2022/2023. Dengan diselesaikannya jalur tol Cisumdawu seksi 4, 5, dan 6, maka jalur Tol Cisumdawu memiliki panjang total sekitar 65 km.

Kehadiran tol ini akan mempermudah akses masyarakat dari Bandung dan sekitarnya menuju ke Bandara Kertajati atau sebaliknya, dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 1 jam saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Antisipasi Kemarau, Pemkab Sleman Siapkan Pompanisasi

Sleman
| Kamis, 25 April 2024, 16:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement