Advertisement

Operasi Ketupat 18 April-1 Mei 2023, Titik Krusial Sudah Ditentukan

Lukman Nur Hakim
Jum'at, 07 April 2023 - 09:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Operasi Ketupat 18 April-1 Mei 2023, Titik Krusial Sudah Ditentukan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan mantan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Mohammad Fadil Imran memantau akksi demo BEM SI di Jakarta, Senin (11/4/2022). JIBI - Bisnis / Pernita Hestin

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Polri akan melaksanakan operasi ketupat dalam rangka pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 2023 mulai 18 April 2023 hingga 1 Mei 2023. Operasi ketupat dilaksanakan terpusat dan menyeluruh di wilayah kepolisian.

“[Operasi ketupat] mulai dari tanggal 18 [April] sampai dengan tanggal 1 Mei,” ujar Kapolri Jendral Pol Listyo Sigit Prabowo di Mabes Polri, Kamis (6/4/2023), seperti dikutip dari Bisnis.com-jaringan Harianjogja.com, Jumat (7/4/2023).

Advertisement

Listyo menyebut pihakya akan melakukan evaluasi saat situasi arus memiliki volume padat yang diduga berpotensi menimbulkan kemacetan dan kegiatan mudik menjadi tidak lancar.

Menurutnya nantinya terdapat juga skenario mulai dari ganjil genap sampai dengan contraflow, sampai dengan one way. Skema ini diterapkan mulai dari mulai dari Cikampek sampai Kalikakung. Lalu, pada arus sebaliknya dan kemudian jalur yang ada di Jawa Barat mengarah ke Jakarta dan Jakarta mengarah Jawa Barat.

Baca juga: Nekat Impor Pakaian Bekas Bakal Dihukum 5 Tahun Penjara

Sebelumnya, Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Sandi Nugroho mengatakan bahwa nantinya sistem one way ini akan dilakukan pada tanggal 18 April di jalan tol dari kilometer (KM) 72 sampai KM 414.

“Kami pihak kepolisian akan memberlakukan sistem oneway pada tanggal 18 April mulai dari KM 72 hingga KM 414. Karena puncak arus mudik akan terjadi pada H-2 dan H-1,” kata Sandi dalam keteranganya dikutip, Senin (3/4/2023).

Titik Krusial

Sandi menyebut, hal serupa akan dilakukan pada saat arus balik mudik Lebaran 2023 untuk mengurai tingkat kemacetan. Ia menjelaskan bahwa pihak kepolisian sudah menentukan titik-titik krusial yang berpotensi masalah saat terjadi lonjakan mudik Lebaran 2023.

Dirinya membeberkan bahwa untuk di Jalur Tol Trans Jawa, jalur tol ke arah Jawa Tengah dimana Tol Cipali menjadi titik krusial baik arus mudik maupun arus balik.

Kemudian untuk rest area Sumatera dan Jawa. Menurutya untuk di jalur Sumatera ada di Indralaya-Palembang. Sementara untuk rest area jalur Jawa berada di Tol Cipali.

"Sementara untuk di Pelabuhan Merak dari pengalaman tahun lalu, angkutan lebaran sempat terjadi kepadatan," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pilkada Kulonprogo: Pendaftaran Panwascam Dibuka, Kebutuhan Formasi Menunggu Hasil Tes

Kulonprogo
| Sabtu, 27 April 2024, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement