Advertisement

Badai Tornado Tewaskan 18 Orang di AS

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 02 April 2023 - 10:47 WIB
Jumali
Badai Tornado Tewaskan 18 Orang di AS Tornado - Bloomberg

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Sedikitnya 18 orang tewas saat badai dan tornado melanda kota-kota di seluruh AS Selatan dan Barat Tengah, merobek jalan melalui ibu kota Arkansas dan meruntuhkan atap tempat konser yang penuh sesak di Illinois.

BACA JUGA: 100 Orang Tewas Akibat Badai Tornado

Advertisement

Beberapa tornado mendarat pada Jumat malam di setidaknya tujuh negara bagian, memporak porandakan rumah dan perkantoran serta pepohonan.

Puluhan ribu orang kehilangan listrik saat badai melanda sebagian besar negara yang dihuni sekitar 85 juta orang.

Korban tewas termasuk tujuh di McNairy County, Tennessee, empat di kota Wynne, Arkansas, dan tiga di Sullivan, Indiana. Kematian lainnya dilaporkan di Alabama, Illinois, Mississippi dan daerah Little Rock.

Tujuh orang tewas di McNairy County, sebelah timur Memphis, Tennessee, di sepanjang perbatasan Mississippi, kata David Leckner, walikota Adamsville.

“Mayoritas kerusakan telah terjadi pada rumah dan daerah pemukiman,” kata Leckner.

Di Belvidere, Illinois, beberapa dari 260 orang yang menghadiri konser heavy metal di Teater Apollo menarik seorang pria dari puing-puing setelah sebagian atap runtuh; dia meninggal ketika pekerja darurat tiba. Para pejabat mengatakan 28 orang lainnya terluka di teater tersebut, beberapa di antaranya luka parah.

Di daerah Little Rock di Arkansas, setidaknya satu orang tewas dan lebih dari dua lusin terluka, beberapa kritis, kata pihak berwenang. Walikota Little Rock Frank Scott mengatakan bahwa 2.100 rumah dan bisnis berada di jalur tornado, tetapi belum ada penilaian yang dilakukan mengenai berapa banyak yang rusak.

Gubernur Sarah Huckabee Sanders mengaktifkan 100 anggota Garda Nasional untuk membantu otoritas lokal merespons.

Diduga tornado menewaskan seorang wanita di Madison County, Alabama utara, kata pejabat county Mac McCutcheon. Dan di Pontotoc County Mississippi utara, para pejabat mengkonfirmasi satu kematian dan empat luka-luka.

Cuaca yang bergejolak terjadi setelah Presiden Joe Biden menjelajahi puing-puing badai besar yang melanda negara bagian Mississippi minggu lalu.

Kawanan badai melepaskan tornado mematikan yang menghancurkan kota Rolling Fork di Mississippi, menghancurkan 400 rumah masyarakat dan membunuh 25 orang. Satu orang tewas di negara tetangga Alabama.

Bident berjanji untuk membangun kembali di Mississippi saat ahli meteorologi memperingatkan jutaan orang untuk bersiap menghadapi badai besar yang terjadi di setidaknya 15 negara bagian di Midwest dan AS bagian selatan, dengan lebih dari 85 juta orang di bawah peringatan cuaca pada hari Jumat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Bidik Target Tinggi, PSS Naikan Anggaran Belanja Pemain Dua Kali Lipat Musim Ini

Sleman
| Minggu, 16 Juni 2024, 15:17 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja: Berburu Street Food di Kotabaru

Wisata
| Minggu, 09 Juni 2024, 20:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement