Advertisement

Belum Damai, Vladimir Putin Mendadak Muncul di Ukraina

Hesti Puji Lestari
Senin, 20 Maret 2023 - 00:17 WIB
Sunartono
Belum Damai, Vladimir Putin Mendadak Muncul di Ukraina Tangkapan Layar - Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan pidato perihal setahun perang Rusia vs Ukraina pada Selasa (21/2/2023) di Majelis Federal Rusia. JIBI - Bisnis/Nancy Junita

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Situasi peperangan antara Rusia dan Ukraina belum juga menemui kata damai. Tapi mendadak, Vladimir Putin muncul di salah satu wilayah Ukraina.

Minggu, 19 Maret 2023 merupakan hari ke-389 perang yang terjadi antara dua negara bekas Uni Soviet, Rusia dan Ukraina. Ada banyak kejadian yang dilaporkan pada hari ini. Beberapa di antaranya adalah tentara Ukraina yang mengatakan jika pasukannya di luar kota timur Bakhmut berhasil menahan unit-unit Rusia.

Advertisement

BACA JUGA : Brutal! Rusia Lakukan Serangan Besar-besaran

Penahanan ini dimaksudkan agar amunisi, makanan, peralatan, dan obat-obatan dapat dikirim ke pihak yang bertahan. Kemudian, mereka juga melaporkan serangan terbaru Rusia yang menewaskan dua orang dan melukai 10 lainnya di kota Kramatorsk, Ukraina timur.

Namun yang tak kalah jadi perbincangan adalah kemunculan Vladimir Putin di salah satu wilayah Ukraina. Dilansir dari Reuters, Putin mendadak muncul di Mariupol, wilayah Ukraina yang dikuasai Rusia. Ini merupakan kunjungan pertama sang presiden sejak Rusia menginvasi Ukraina pada Februari 2022 lalu.

Putin mampir ke Mariupol setelah berkunjung ke Krimea dalam rangka perayaan 9 tahun aneksasi semenanjung wilayah Ukraina tersebut oleh Rusia. Yang jadi menarik, kemunculan Putin ke wilayah Ukraina tersebut hanya beberapa saat setelah ICC menerbitkan surat penangkapan.

BACA JUGA : Banyak Warga Asing Bekerja Ilegal di Bali, Kebanyakan

Seperti diketahui, ICC telah menuduh dan mengatakan jika Vladimir Putin melakukan kejahatan perang karena telah mendeportasi ratusan anak dari Ukraina. ICC mengatakan jika Vladimir Putin wajib ditangkap dan diadili. Putin sendiri belum memberi respons tentang surat ICC tersebut.

Akan tetapi, kemunculannya di wilayah Ukraina bisa menjadi petanda jika orang No.1 Rusia tersebut tak peduli dengan surat ICC.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Lengkap Pemadaman Listrik di Wilayah DIY Hari Ini Kamis 20 Juni 2024, Cek Lokasinya!

Jogja
| Kamis, 20 Juni 2024, 07:17 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Punya Pantai Terbaik untuk Berselancar, Ini Daftarnya

Wisata
| Senin, 17 Juni 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement