Advertisement

Guru Dipecat Seusai Kritik Dirinya, Ridwan Kamil: Mungkin Posting Kasar

Rudi Hartono
Kamis, 16 Maret 2023 - 13:57 WIB
Jumali
Guru Dipecat Seusai Kritik Dirinya, Ridwan Kamil: Mungkin Posting Kasar M. Sabil Fadhilah saat mengkritik Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil - Twitter

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO–Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil buka suara terkait kabar seorang M. Sabil Fadila, guru honorer asal Cirebon yang mengajar di SMK swasta, dipecat setelah mengkritik dirinya.

BACA JUGA: Alasan Ridwan Kamil Gabung Golkar

Advertisement

Lelaki yang akrab disapa Kang Emil itu menyebut M. Sabil menyampaikan komentar dengan tidak sopan dan tidak bagus untuk pembelajaran anak muda. Terlebih, M. Sabil seorang guru.

Oleh karena itu, dia memahami keputusan yang diambil pihak yayasan yang menaingi M. Sabil. Kendati demikian, politikus Partai Golkar itu sudah meminta yayasan tidak memberhentikan M. Sabil.

Hal itu disampaikan Ridwan Kamil melalui akun Twitternya, @ridwankamil yang diunggah, Rabu (15/3/2023). Ridwan Kamil dalam cuitannya mengaku kaget mendengar kabar ada guru SMK berstatus honorer yang diberhentikan karena mengkritik dirinya.

Oleh karena itu, dia memberi beberapa hal sebagai bentuk klarifikasi. Dia mengatakan sebagai seorang pemimpin daerah selalu terbuka terhadap kritik meski kadang disampaikan dengan kasar.

Dia mengaku menerima ribuan kritik dan selalu merespons dengan santai dan biasa saja. “Kadang ditanggapi dengan memberikan penjelasan ilmiah, kadang dibalas dengan bercanda saja,” tulis Ridwan Kamil.

Terkait keputusan yayasan yang memberhentikan M. Sabil, Ridwan Kamil dapat memahami karena menurut dia komentar/kritik yang disampaikan M. Sabil termasuk kasar.

“Mungkin karena yang melakukannya posting kasar adalah seorang Guru, yang postingannya mungkin dilihat/ditiru oleh murid-muridnya, maka pihak sekolah/yayasan untuk menjaga nama baik insitusi memberikan tindakan tegas sesuai peraturan sekolah yang bersangkutan,” sambung Ridwan Kamil.

Dalam postingannya itu, dia juga meminta semua pihak bijak dalam bersosial media. Dia mengingatkan para orang tua, guru, dan pemimpin harus saling menasihati dalam kebaikan dan kesabaran.

Sebelumnya, M. Sabil mengaku dipecat dari dua SMK swasta tempatnya mengajar setelah mengkritik Ridwan Kamil, belum lama ini.

Kritikan itu disampaikannya melalui komentar atas unggahan Ridwan Kamil di Instagram akun, @ridwankamil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jaga Lingkungan, Warga Sleman Diminta Membuat Lubang untuk Mengubur Limbah Hewan Kurban

Sleman
| Jum'at, 14 Juni 2024, 10:27 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja: Berburu Street Food di Kotabaru

Wisata
| Minggu, 09 Juni 2024, 20:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement