Advertisement

Setoran Rutin Perusahaan ke Rafael Alun Trisambodo Terbongkar

Lukman Nur Hakim
Kamis, 09 Maret 2023 - 23:07 WIB
Bhekti Suryani
Setoran Rutin Perusahaan ke Rafael Alun Trisambodo Terbongkar Mantan Kepala Bagian Umum Kantor Wilayah Ditjen Pajak Jakarta Selatan II, Rafael Alun Trisambodo bersiap memberikan klarifikasi kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Gedung Merah Putih, Jakarta, Rabu (1/3/2023). Bisnis - Arief Hermawan P

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTAPusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mengendus setoran rutin dari sebuah perusahaan kepada eks pejabat Direktorat Jenderal Pajak Rafael Alun Trisambodo atau RAT.

Ketua PPATK, Ivan Yustiavandana mengatakan bahwa temuan itu terungkap setelah pihaknya memblokir lebih dari 40 rekening milik Rafael dan orang-orang terdekatnya. Nilai transaksinya mencapai Rp500 miliar.

Advertisement

“Iya (ada transaksi rutin dari perusahaan),” kata Ivan saat dihubungi Bisnis, Kamis (10/3/2023).

Ivan tidak merinci jumlah perusahaan yang setor ke rekening Rafael Alun. Dia hanya mengatakan nilai setorannya cukup besar.

Rafael adalah bekas pejabat pajak yang banyak disorot karena kepemilikan harta yang fantastis. Rafael tercatat memiliki sejumlah aset properti dan saham di 6 perusahaan. Dia saat ini telah dipecat Kementerian Keuangan karena terbukti melakukan pelanggaran berat selama menjadi Aparatur Sipil Negara alias ASN.

BACA JUGA: Lahan di Area Tol Diperjualbelikan, Bagaimana Nasib Proyek Tol Jogja YIA?

Adapun, PPATK telah mengidentifikasi transaksi di 40 rekening milik Rafael Alun Trisambodo. Nilai transaksi mencapai Rp500 miliar.

Sekadar informasi, LHKPN milik Rafael menjadi sorotan setelah ditemukan bahwa total harta kekayaannya dinilai tak cocok (match) dengan profil jabatannya, yakni sebesar Rp56 miliar.

Buntut dari kasus tersebut, sekitar 40 rekening terkait dengan Rafael diblokir. Hal tersebut telah dikonfirmasi oleh PPATK.

Ketua PPATK Ivan Yustiavandana menjelaskan bahwa puluhan rekening itu terdiri dari milik Rafael, keluarganya, serta individu maupun badan hukum terkait. Berdasarkan hasil temuan lembaga intelijen keuangan itu, nilai mutasi rekening-rekening tersebut mencapai sekitar Rp500 miliar.

"[Rekening yang diblokir milir] RAT [Rafael Alun Trisambodo], keluarga, dan individual serta badan hukum terkait. Nilai mutasi rekening periode 2019-2023 sekitar Rp500 M. Bukan nilai dana," ucap Ivan kepada Bisnis, Selasa (7/3/2023)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Hari Air Sedunia, Pemkab Sleman Tebar Benih Ikan dan Tanam Pohon Jaga Kelestarian Alam

Sleman
| Sabtu, 22 Juni 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Libur Iduladha, Warung Satai Klathak di Jogja Ini Diserbu Wisatawan

Wisata
| Kamis, 20 Juni 2024, 21:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement