Advertisement

Sejarah Hari Musik Nasional 9 Maret

Bernadheta Dian Saraswati
Kamis, 09 Maret 2023 - 09:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Sejarah Hari Musik Nasional 9 Maret Hari musik nasional - kominfo

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Tanggal 9 Maret atau yang jatuh hari ini, diperingati sebagai hari musik nasional. Hari musik nasional diusulkan tepatnya pada tahun 2003 oleh organisasi Persatuan Artis Pencipta Lagu dan Penata Musik Rekaman Indonesia (PAPPRI).

Perlu waktu lama untuk mewujudkan rencana ini yaitu satu dekade, hingga akhirnya peringatan Hari Musik Nasional secara resmi ditetapkan pada tanggal 9 Maret 2013 sesuai Keputusan Presiden Nomor 10 Tahun 2013.

Advertisement

Dilansir dari Bisnis.com-jaringan Harianjogja.com, 9 Maret dipilih untuk menghormati penulis lagu Kebangsaan Indonesia Raya, Wage Rudolf Supratman. Akan tetapi, tanggal ulang tahun dari WR Supratman ternyata memiliki dua versi.

Pertama tanggal yang dikenal sebagai ulang tahunnya ialah 9 Maret 1903, namun berdasarkan Putusan Pengadilan Negeri Purworejo Nomor 04/Pdt/P/2007/PN PWR pada 29 Maret 2007 tanggal lahir yang telah disetujui oleh keluarga WR Supratman adalah 19 Maret 1903.

Baca juga: 5 Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia Saat Ini

Pada dasarnya pemilihan tanggal ulang tahun WR Supratman adalah untuk menghormati jasa Pahlawan Nasional tersebut.

Di dalam Keputusan Presiden tersebut disebutkan juga bahwa musik adalah ekspresi budaya yang bersifat universal dan multi dimensional yang merepresentasikan nilai-nilai luhur kemanusiaan serta memiliki peran strategis dalam pembangunan nasional. Sekaligus sebagai upaya meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap musik Indonesia.

Musik sendiri memiliki peran penting serta sejarah panjang dalam kehidupan manusia. Mulai dari masa prasejarah dimana musik terkait erat dengan ritual dan magis.

Seiring dengan perkembangan zaman, musik tidak hanya digunakan pada upacara mistik, berburu, persembahan, dan berdoa, namun peran musik bertambah sebagai kesenangan pribadi, rekreasi dan juga ekspresi seni secara individu maupun secara komunal. Maka dari itu, sudah selayaknya kita mengapresiasi musik, terutama musik daerah dan nasional sembari memperingati Hari Musik Nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Bawaslu Bantul Upayakan Bentuk Relawan Pengawasan Partisipatif di Masing-Masing Padukuhan

Bantul
| Sabtu, 22 Juni 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Libur Iduladha, Warung Satai Klathak di Jogja Ini Diserbu Wisatawan

Wisata
| Kamis, 20 Juni 2024, 21:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement