Advertisement

Penampakan Super Hercules C-130J Pertama Indonesia, Khas Alutsista AS

Hesti Puji Lestari
Selasa, 07 Maret 2023 - 17:47 WIB
Sunartono
Penampakan Super Hercules C-130J Pertama Indonesia, Khas Alutsista AS Super Hercules tiba di Indonesia

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO - Pesawat Super Hercules C-130J pertama untuk TNI AU akhirnya tiba juga di Indonesia.  Calon pesawat andalan TNI AU ini tiba di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma pada Senin, 6 Maret 2023 siang WIB.

Pesawat angkut militer tersebut merupakan unit pertama dari lima unit pesawat TNI AU yang dipesan oleh pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI.

Advertisement

Sementara itu, empat unit Super Hercules C-130 J lainnya akan tiba di Indonesia mulai Juni, Juli dan Oktober 2023, serta Januari 2024. Pesawat ini nantinya akan memperkokoh kekuatan Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.

BACA JUGA : Hercules Marah ke Wartawan Usai Diperiksa KPK

Ini merupakan alutsista terbaru yang berhasil dibeli Indonesia dari perusahaan asal AS, Lockheed Martin.  C-130J-30 TNI AU memiliki sejumlah keunggulan yang tak dimiliki pendahulunya C-130.

Keunggulan yang disematkan pada alutsista ini adalah sistem avionik yang sudah terintegrasi, kapasitas kargo yang lebih besar, kecepatan, jangkauan, mesin dan kinerja yang lebih bagus, serta biaya operasi yang lebih rendah.

Kedatangan pesawat baru era Menhan Prabowo ini disambut dengan sangat meriah. Seperti ceremony yang kerap dilakukan, TNI AU juga menyemprotkan air ke badan pesawat sesaat setelah Super Hecules ini mendarat di Lanud Halimperdanakusuma.

Super Hercules C130J tampil dengan gagah khas aslutsista buatan AS. Wingspannya memiliki ukuran 132 ft 7 in (40.41 m) sebagai tempat empat baling-baling. Sebagai tanda jika Super Hercules ini adalah milik Indonesia, sudah terdapat pula bendera merah putih di belakang pesawat.

Berikut adalah foto-foto Super Hercules C130J pertama milik Indonesia:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Libur Waisak, Berikut Jadwal Lengkap KA Bandara Jogja Kamis 23 Mei 2024

Jogja
| Kamis, 23 Mei 2024, 02:37 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement