Belasan Pesawat Hercules Disiapkan Membantu Pengamanan Pemilu

Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna. - Harian Jogja/Sunartono.
19 Maret 2019 00:17 WIB Sunartono News Share :

Harianjogja.com, JOGJA--TNI AU menyiapkan sebanyak 12 pesawat C-130 Hercules untuk mendukung pengamanan pelaksanaan Pemilu 2019. Pesawat itu disiagakan untuk mengantisipasi kemungkinan adanya kebutuhan mobilisasi pasukan dari satu daerah ke daerah lain ketika dibutuhkan secara mendadak.

Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna menyatakan kesiapannya dalam membantu melakukan pengamanan Pemilu 2019. TNI AU sepenuhnya berada di bawah komando Panglima TNI. Sehingga dalam hal pengamanan pemilu mengikuti perencanaan yang sudah dibuat oleh Mabes TNI

“Dalam hal pengamanan pemilu kami mengikuti perencanaan pengamanan yang dibuat Mabes [TNI], kita ketahui dalam pengunaan kekuatan sepenuhnya di tangan panglima [TNI]. Itu sudah disampaikan ke satuan baik darat, laut dan udara,” terangnya di sela-sela meresmikan Ruang IGD RSPAU Hardjolukito Yogyakarta, Senin (18/3/2019).

Ia telah menyiapkan sejumlah pesawat dalam mendukung pengamanan, terutama pesawat angkut ketika sewaktu-waktu dibutuhkan. Keberadaan pesawat angkut sangat dibutuhkan untuk memobilisasi pasukan ketika dibutuhkan secara mendadak untuk memberikan bantuan pengamanan di suatu daerah. Pesawat yang disiapkan antara lain 12 hercules, dua pesawat VVIP, empat pesawat boeing dan sejumlah pesawat CN.

“Kami siapkan pesawtat semaksimal mungkin khususnya [pesawat] angkut ketika harus memobilisasi pasukan. Saya siapkan herculis 12, kemudian VVIP ada dua, boeing empat dan beberapa CN juga disiapkan,” ucapnya.

Mantan penerbang tempur F-5 Tiger ini menambahkan, pesawat yang disiagakan itu akan disebar pada tiga titik untuk memudahkan mobilisasi, antara lain di Lanud Halim Perdana Kusuma Jakarta, Lanud Abdulrachman Saleh, Malang dan satu lanud wilayah timur.

“Semua kami kerahkan konsentrasi pengamanan pemilu, kalau saya harus mobilisasi pasukan, pesawat siap, Paskhas BKO Polri, juga siap, tentu di bawah komando panglima, pasukan di Lanud juga siap. Gambaran deploy [pesawat yang siap dikeluarkan, ] konsentrasinya nanti banyak di Jakarta dan Malang, saya akan tempatkan Hercules di Jayapura, intinya ada di tengah, barat dan timur, kalau mobilisasi bisa segera,” ucapnya.