Advertisement

6 Maret Hari Pengangguran Internasional, Begini Sejarahnya...

Mia Chitra Dinisari
Senin, 06 Maret 2023 - 10:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
6 Maret Hari Pengangguran Internasional, Begini Sejarahnya... Pengangguran - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Setiap tanggal 6 Maret diperingati sebagai Hari Pengangguran Internasional. Peringatan ini untuk meningkatkan kesadaran tentang bagaimana ekonomi mempengaruhi tingkat pengangguran dan sebaliknya.

Sejarah dimulai sebagai kampanye internasional yang mencakup pawai dan demonstrasi dengan ribuan orang dari kota-kota besar di seluruh dunia.

Advertisement

Orang-orang turun ke jalan dengan tujuan untuk memprotes pengangguran massal yang terkait dengan Depresi Hebat.

Itu terjadi pada tahun 1930 ketika masalah pengangguran menjadi fenomena massal setelah jatuhnya pasar saham yang mengakibatkan jatuhnya ekonomi kapitalis dunia yang saling terkait.

Baca juga: Awal Tahun, Kunjungan Wisman ke Jogja Anjlok

Pengangguran menjadi masalah besar dan tidak ada perawatan dan pelayanan sosial yang berarti bagi masyarakat yang terkena dampak akibat fenomena tersebut.

Sebuah proposal dibuat di Komite Eksekutif Komunis Internasional (ECCI) di Moskow, untuk menetapkan 6 Maret 1930, sebagai "hari protes internasional" terhadap pengangguran.

Kampanye dijadwalkan pada 26 Februari 1930 tetapi tanggalnya terlalu dini dan tanggal tersebut ditunda hingga 6 Maret karena waktu yang tidak mencukupi.

Pawai mengakibatkan dua kematian pengunjuk rasa di Berlin, luka-luka di acara-acara di Wina dan kota Bilbao di Basque, dan hasil kekerasan yang lebih sedikit di London dan Sydney.

Di Amerika Serikat, total 30 kota Amerika seperti Boston, Milwaukee, Baltimore, Cleveland, Washington, DC, San Francisco, dan Seattle menyaksikan demonstrasi massa sebagai bagian dari kampanye 6 Maret dan kerusuhan skala penuh meletus di New York City dan Detroit ketika ribuan orang diserang oleh polisi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

KPU Sleman Tetapkan TPS Pilkada Sebanyak 1.727 Lokasi

Sleman
| Jum'at, 14 Juni 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja: Berburu Street Food di Kotabaru

Wisata
| Minggu, 09 Juni 2024, 20:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement