Advertisement

Depo Plumpang Juga Pernah Kebakaran pada 2009, Saat Itu Api Justru Sulit Dipadamkan

Bernadheta Dian Saraswati
Sabtu, 04 Maret 2023 - 08:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Depo Plumpang Juga Pernah Kebakaran pada 2009, Saat Itu Api Justru Sulit Dipadamkan Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kebakaran di Depo Plumpang ternyata bukan kali pertama. Pada 2009 silam, peristiwa serupa juga pernah terjadi di wilayah ini.

Dilansir dari Bisnis.com-jaringan Harianjogja.com, kebakaran itu justru sulit dipadamkan. Kebakaran di depo yang berdiri di atas lahan seluas 48,35 hektare itu sulit dipadamkan sepanjang malam.

Advertisement

Lalu apa sebenarnya arti Plumpang? Dalam buku berjudul 212 Asal-Usul Djakarta Tempo Doeloe karya Zaenuddin HM, menyebutkan bahwa Plumpang adalah nama desa di Tuban, Jawa Timur. Desa yang punya kisah terkait dengan beberapa tokoh pewayangan.

Nama Plumpang juga ada di Jakarta Utara. Buku tersebut menyebutkan bahwa sebagian orang yang tinggal di Plumpang Jakarta Utara adalah orang-orang yang merantau dari Plumpang, Tuban.

Baca juga: Depo Pertamina Plumpang Jakarta Terbakar, 14 Orang Tewas

Versi yang beda lagi menyebutkan bahwa tempat yang dinamai Plumpang itu pada masa kolonial Belanda adalah daerah pertanian. Sebab, penduduk setempat menanam pohon padi dan memanennya sendiri.

Pada masa penjajahan, masyarakat belum memiliki alat pertanian yang canggih untuk memisahkan gabah dari jerami, sehingga mereka membuat 'alu' atau palu yang bentuknya panjang besar terbuat dari kayu dan 'lumpang' yang bentuknya bulat agak kotak, berlubang dan juga terbuat dari kayu.

Konon, nama Plumpang berasal dari gabungan kata 'alu' dan 'lumpang' yang kemudian menjadi disebut Plumpang sampai sekarang.

Depo Pertamina Plumpang Jakarta Utara mengalami kebakaran hebat pada Jumat (3/3/2023) malam. Peristiwa tersebut membuat 14 orang meninggal dunia dan puluhan orang luka-luka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Catatan Statistik Bek Anyar PSS asal Brasil, Pemegang Operan Sukses Tertinggi di Liga 1

Sleman
| Selasa, 16 Juli 2024, 20:37 WIB

Advertisement

alt

6 Destinasi Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi di Bogor

Wisata
| Minggu, 14 Juli 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement