Advertisement

Erick Thohir Angkat Jubir Luhut jadi Pejabat Pelindo

Nuhansa Mikrefin Yoedo Putra
Rabu, 22 Februari 2023 - 21:27 WIB
Bhekti Suryani
Erick Thohir Angkat Jubir Luhut jadi Pejabat Pelindo Erick Thohir mengangkat Juru Bicara Menkomarves Luhut Binsar Pandjaitan, Jodi Mahardi, sebagai Komisaris Pelindo.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA— Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengangkat Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Jodi Mahardi sebagai Komisaris PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo.

Adanya perubahan Dewan Komisaris ditetapkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Kementerian BUMN. Perubahan Dewan Komisaris Pelindo ditetapkan melalui keputusan Kementerian BUMN selaku pemegang saham.

Advertisement

Hal ini juga tertuang dalam Surat Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara nomor SK-34/MBU/02/2023 tanggal 22 Februari 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota-Anggota Dewan Komisaris Perusahaan Perseroan (Persero). 

Selain Jodi, RUPSLB juga resmi melantik Sudung Situmorang sebagai Plt. Komisaris Utama/Komisaris. Hal ini seiring  berakhirnya masa jabatan Plt. Komisaris Utama/Komisaris Independen Laksamana TNI (Purn.) Prof. Dr. Marsetio dan Komisaris Independen Antonius Rainier Haryanto.

BACA JUGA: Truk Tanah Uruk Tol Jogja Solo Terguling Timpa Rumah Warga

Direktur Utama Pelindo Arif Suhartono mengatakan manajemen mengucapkan terima kasih atas arahan dan kontribusi dari Marsetia dan Rainer sebagai Komisaris Pelindo. Dia juga mengucapkan selamat dan sukses atas penugasan mereka di tempat baru.

“Dalam kesempatan ini, kami juga mengucapkan selamat atas penugasan baru Pak Sudung serta bergabungnya Pak Jodi di keluarga besar Pelindo,” ujar Arif dalam siaran pers, Rabu (22/2/2023).

Berikut adalah jajaran Dewan Komisaris Pelindo terbaru: 

Plt. Komisaris Utama/Komisaris: Sudung Situmorang 

Komisaris: Didi Sumedi 

Komisaris Independen: Heru Sukanto 

Komisaris Independen: Muchtar Luthfi Mutty 

Komisaris: Arif Toha Tjahjagama 

Komisaris: Jodi Mahardi 


Sebagai informasi, Pelindo tengah membahas rencana kerja sama dengan beberapa mitra untuk mengembangkan hub logistik baru di Jalan Tol Cibitung Cilincing. Arif mengatakan pembangunan hub logistik akan dibangun pada kawasan rest area ruas tol tersebut.

Arif memaparkan, kehadiran kawasan logistik terpadu di wilayah tersebut akan memberi nilai tambah pada ekosistem logistik di Indonesia. Hub logistik tersebut nantinya akan memudahkan perusahaan dalam mengkonsolidasikan kargonya sebelum masuk ke pelabuhan.

"Logistic hub ini ukurannya akan cukup besar, yang bagusnya lagi, akan terhubung dengan pelabuhan," katanya saat ditemui pada Pameran dan Konferensi BIMP EAGA di Jakarta, Rabu (22/2/2023).

Arif melanjutkan, saat ini Pelindo tengah mencari mitra kerja sama dalam pembangunan hub logistik ini. Nantinya, kerja sama antara Pelindo dan mitra - mitra tersebut akan berbentuk joint venture (JV).

Dia mengatakan, rencananya Pelindo akan memegang saham sebesar 40 persen dari joint venture tersebut. Arif menuturkan pihaknya juga membuka peluang seluas - luasnya untuk investor yang berminat menggarap proyek ini bersama Pelindo.

"Nanti akan ada JV dengan cicit usaha Pelindo dan mitra-mitra itu yang salah satu tugasnya adalah membebaskan lahan," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Cek Jadwal dan Lokasi Bus SIM Keliling Bantul Sabtu 27 April 2024

Bantul
| Sabtu, 27 April 2024, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement