Advertisement

China Mengaku Menang Melawan Covid-19

Akbar Evandio
Jum'at, 17 Februari 2023 - 23:27 WIB
Bhekti Suryani
China Mengaku Menang Melawan Covid-19 Seorang pria memberikan bunga kepada seorang wanita setelah dia melewati gerbang kedatangan internasional di Bandara Internasional Ibu Kota Beijing setelah China mencabut persyaratan karantina penyakit Virus Corona (Covid-19) untuk pelancong yang datang di Beijing, China 8 Januari 2023. REUTERS - Thomas Peter

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA China mengklaim telah mengalahkan Covid-19. Lebih dari 200 juta warganya didiagnosis dan dirawat karena infeksi Virus Corona sejak negara itu mencabut langkah-langkah pengendalian ketat yang dimulai pada November.

Pada pertemuan Komite Tetap Politbiro Partai Komunis yang berkuasa dan dipimpin Presiden sekaligus pemimpin partai, Xi Jinping, ditegaskan bahwa dengan kesembuhan 800.000 pasien kritis, China telah “secara tegas mengalahkan” pandemi.

Advertisement

Melansir Channel News Asia, Jumat (17/2/2023), kemenangan ini diklaim China usai memberlakukan beberapa penguncian, karantina, dan pembatasan perjalanan dan terus meneliti tentang asal-usul virus yang pertama kali terdeteksi di kota Wuhan di China tengah pada akhir 2019.

Sementara itu, Kantor Berita resmi Xinhua menyampaikan bahwa upaya yang dilakukan oleh Xi  dengan kebijakan mencabut pembatasan secara tiba-tiba pada November dan Desember 2022 mulai terlihat. Meskipun pada awalnya kebijakan nol-Covid yang berusaha menghilangkan semua kasus Covid-19, namun lonjakan infeksi sempat membuat rumah sakit kewalahan untuk sementara.

Jumlah kasus telah memuncak dan sebagian besar kehidupan telah kembali normal, meskipun perjalanan internasional masuk dan keluar China belum kembali ke tingkat pra-pandemi.

BACA JUGA: Tol Jogja Solo Bakal Dibuka Saat Lebaran! Proyek Dikebut

“China sekarang beralih ke tahap pasca-pandemi setelah berjuang melawan wabah yang luar biasa secara ekstrem," tulis Xinhua.

Kantor berita itu memastikan bahwa pemerintah akan terus mengoptimalkan dan menyesuaikan kebijakan dan tindakan pencegahan dan pengendalian sesuai dengan waktu dan situasi dengan tanggung jawab sejarah yang kuat dan tekad strategis yang kuat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Cuaca DIY Hari Ini Jumat 19 April 2024: Jogja, Sleman dan Gunungkidul Hujan Lebat Disertai Petir

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 06:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement