Advertisement

Kampanye Pemanfaatan Sampah untuk Kesejahteraan Terus Digaungkan

Media Digital
Kamis, 16 Februari 2023 - 17:47 WIB
Arief Junianto
Kampanye Pemanfaatan Sampah untuk Kesejahteraan Terus Digaungkan Pegowes mengikuti kampanye Bersepeda Jelajah Bersih Negeri 2023. - Istimewa

Advertisement

CILACAP — Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023 Solusi Bangun Indonesia (SBI) Cilacap bersinergi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Cilacap menggelar beberapa kegiatan di antaranya gowes dengan tim Jelajah Bersih Negeri 2023 pada Kamis (16/2/2023).

Selain itu, digelar pula penanaman pohon di area hijau dan sosialisasi atau edukasi tentang sampah dengan pagelaran wayang runtah Baruwani, serta mengajak masyarakat untuk peduli sampah.

Advertisement

General Manager SBI, Istifaul Amin menyambut dengan antusias penyelenggaraan HPSN yang digagas oleh KLHK dengan berbagai kegiatan, salah satunya dengan kampanye Bersepeda Jelajah Bersih Negeri 2023 yang digelar sejak 7-19 Februari 2023.

Jelajah Bersih Negeri 2023 adalah sangat relevan dengan yang sudah kami lakukan secara berkesinambungan, pengelolaan sampah yang dilakukan oleh kami bersama stakeholder sejalan dengan tema HPSN yaitu Tuntas Kelola Sampah Untuk Kesejahteraan," kata dia melalui rilis, Kamis.

Tim Jelajah Bersih Negeri 2023 yang diprakarsai oleh KLHK telah sampai ke Cilacap dan melakukan kunjungan ke Pabrik SBI dan dilanjutkan ke fasilitas pengelohan sampah menjadi bahan bakar alternatif atau Refuse Derived Fuel (RDF) di Kecamatan Jeruklegi.

Fasilitas ini telah beroperasi penuh sejak diresmikan pertengahan tahun 2020. Hadirnya fasilitas pengolahan sampah RDF ini telah merubah managemen pengelolaan sampah di Kabupaten Cilacap. Sampai Februari 2023, fasilitas ini telah mengolah kurang lebih 120.000 ton sampah perkotaan dan menghasilkan kurang lebih 59.000 ton RDF untuk bahan bakar alternatif.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab Cilacap, Sri Murniyati menjelaskan beroperasinya pengolahan sampah menjadi RDF telah menjadikan Cilacap berhasil mencapai Waste to Zero Landfill. Hal ini tentunya terjadi penghematan pembebesan lahan serta sampah akan lebih berdaya guna untuk bahan bakar yang bernilai ekonomis.

“Meskipun telah beroperasi normal , namun masih ada peluang untuk terus ditingkatkan volumenya , sehingga nilai ekonomisnya juga akan meningkat seiring dengan meningkatnya produk RDF yang akan digunakan di pabrik semen milik SBI," ujarnya.

Beroperasinya pengolahan sampah dijadikan RDF merupakan salah satu solusi untuk pemanfaatan sampah yang ramah lingkungan. PT Solusi Bangun Indonesia Tbk Cilacap, unit usaha dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk atau SIG terus berperan aktif untuk menjadikan sampah lebih bernilai bagi kesejahteraan masyarakat.

Saat ini, SBI telah membina 14 bank sampah dan empat kelompok inovator yang tersebar di lima kecamatan. Berbagai olahan berbasis sampah seperti kompos atau pupuk, kerajinan eco print, inovasi paving blok sertakan pemanfaatan sampah kertas untuk bahan wayang serta gerakan pilah pilih sampah dari rumah.

Pembentukan bank sampah yang efektif dan terintegrasi adalah kunci untuk kami terus berinovasi dengan melibatkan banyak stakeholder dan keberhasilan pengelolaan sampah secara mandiri melalui bank sampah merupakan hal yang bisa dicapai.

"Kami tidak lelah untuk mendorong ini bersama masyarakat, dan sampah itu memiliki nilai ekonomis untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Community Relations Manager SBI, Dewi Hestyani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Termasuk Jogja, BMKG Ingatkan Sebagian Besar Wilayah Indonesia Waspada Cuaca Ekstrem

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 09:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement