Advertisement

Sempat Terhenti, Akhirnya Jalan Tol Probolinggo Banyuwangi Dibangun dan Selesai Tahun Depan

Muhammad Ridwan
Senin, 06 Februari 2023 - 18:37 WIB
Budi Cahyana
Sempat Terhenti, Akhirnya Jalan Tol Probolinggo Banyuwangi Dibangun dan Selesai Tahun Depan Ilustrasi jalan tol. Tol Probolinggo Banyuwangi yang menjadi ujung Tol Trans Jawa akan selesai dibangun pada 2024. - Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Tol Probolinggo Banyuwangi akhirnya mulai dibangun dan ditargetkan selesai pada 2024. Ini adalah bagian akhir Tol Trans Jawa.

Kementerian PUPR bersama dengan PT Jasamarga Probolinggo-Banyuwangi menggelar seremoni peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan jalan tol tersebut, Senin (6/2/2023). Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) Jalan Tol Probolinggo Banyuwangi telah diteken sejak 2017, namun kendali teknis dan nonteknis sempat menghambat pembangunan.

Advertisement

“Dengan groundbreaking ini, kita mulai lagi dari yang sebelumnya berhenti di Probolinggo,” katanya dalam groundbreaking Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi, Senin (6/2/2023).

Direktur Utama PT Jasamarga Probolinggo Banyuwangi Adi Prasetyanto menjelaskan tol yang menjadi bagian akhir Jalan Tol Trans Jawa itu akan dibangun dalam dua tahap.

Pada tahap pertama, Tol Probolinggo Banyuwangi akan dibangun mulai dari Gending sampai dengan Besuki dengan total panjang 49,68 km.

BACA JUGA: Proyek Tol Probolinggo Banyuwangi Terpaksa Dihentikan, Ini Penyebabnya

Tahap pertama dibangun dengan tiga paket yakni Paket 1 sepanjang 12,88 km dibangun dari Gending sampai dengan Kraksaan yang dikerjakan kontraktor PT Adhi Karya (Persero) Tbk-PT Brantas Abipraya (Persero), dan PT Marga Konstruksi Nusantara.

Paket 2 sepanjang 11,2 km yang dimulai dj Kraksaan sampai dengan Paiton dikerjakan oleh KSO PT Hutama Karya Infrustruktur-PT Acset Indonusa Tbk.-PT Nindya Karya (Persero). Sementara itu, Paket 3 sepanjang 25,6 km  Paiton-Besuki dikerjakan oleh KSO PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk., PT Waskita Karya (Persero) Tbk.- PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.

“Paket selanjutnya yaitu dari Besuki sampai Banyuwangi, proses untuk desain sedang dikerjakan mudah-mudahan akan segera selesai,” kata dia.

Dia menambahkan progress pembebasan lahan untuk Paket 1 pada saat ini telah mencapai 92,02 persen, Paket 2 telah mencapai 70,6 persen, dan Paket 3 mencapai 28,48 persen. Dia mengatakan pembebasan lahan pada paket 3 masih terkendala izin karena lahan tersebut merupakan area kehutanan.

“Pelaksanaan tahap 1, 18 bulan target penyelesaian konstruksi Paket 1 dan 2 Agustus 2024, paket 3 akan selesai Oktober 2024. Tentunya hal ini harus didukung progres pembebasan tanah yang selesai pertengahan 2023,” jelasnya.

Sesuai dengan Permenko Perekonomian No. 9 Tahun 2022, pembebasan lahan dan pembangunan Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi difokuskan pada Ruas Probolinggo-Besuki dengan hak konsesi selama 50 tahun dan investasi sebesar Rp10,8 triliun.

BACA JUGA: Jalan Tol Menuju Bromo Ditargetkan Rampung 2023

Jalan Tol Probolinggo Banyuwangi terbagi atas 7 Seksi yaitu Seksi 1 Probolinggo-Kraksaan 12,88 km, Seksi 2 Kraksaan-Paiton 11,2 km, Seksi 3 Paiton-Besuki 25,6 km, Seksi 4 Besuki-Situbondo 42,3 km, Seksi 5 Situbondo-Asembagus 16,76 km, Seksi 6 Asembagus-Bajulmati 37,45 km dan Seksi 7 Bajulmati-Ketapang 29,21 km. 

Jalan tol ini merupakan salah satu proyek strategis nasional yang dikelola oleh PT JPB selaku Badan Usaha Jalan Tol yang kepemilikan sahamnya dimiliki oleh Jasa Marga sebesar 94,93 persen, PT Brantas Abipraya (Persero) sebesar 5,00 persen dan PT Waskita Toll Road sebesar 0,07 persen.

Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi Ruas Probolinggo-Besuki dapat memangkas waktu tempuh Probolinggo–Besuki yang semula sekitar 1 jam 15 menit menjadi 30 menit dengan kecepatan rata-rata 80-100 km per jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Cegah Kecurangan Pengisian BBM, Polres Kulonprogo Cek SPBU

Kulonprogo
| Jum'at, 29 Maret 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement