Advertisement

Jokowi Segera Keluarkan Aturan Kerja Sama Media dengan Platform Globlal

Budi Cahyana
Senin, 06 Februari 2023 - 15:57 WIB
Budi Cahyana
Jokowi Segera Keluarkan Aturan Kerja Sama Media dengan Platform Globlal Presiden Joko Widodo menerima kunjungan anggota Dewan Pers di Istana Negara, Jakarta, Senin (6/2/2023). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) tentang Media Sustainability (MS). Produk hukum ini akan mengatur pola kerja sama dan hubungan antara media dengan platform global  demi ekosistem pers yang berkeadilan.

Rencana Presiden disampaikan saat menerima kunjungan anggota Dewan Pers yang dipimpin oleh Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu di Istana Negara, Jakarta, Senin (6/2/2023).

Advertisement

Presiden didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, sedangkan Ninik didampingi anggota Dewan Pers M. Agung Dharmajaya, Sapto Anggoro, Tri Agung Kristanto, Arif Zulkifli, Totok Suryanto, dan Yadi Hendriana.

Presiden sepakat dengan masukan Dewan Pers yang dalam penyusunan Perpres tentang Media Sustainability. Perpres itu akan berdasarkan pada Undang Undang 40/1999 tentang Pers.

“Dalam hal media sustainability, Presiden menyetujui bahwa Perpres MS mengacu pada UU Pers sesuai masukan Dewan Pers,” kata Ninik melalui keterangan tertulis.

Dalam kesempatan ini, Presiden memastikan diri akan hadir di acara puncak Hari Pers Nasional (HPN) di Medan, Sumatera Utara, pada 9 Februari 2023.

“Saya akan hadir di HPN Medan,” kata Presiden.

BACA JUGA: Harian Jogja Raih Gold Winner di IPMA 2022, Media Cetak Terbaik di Jawa

Presiden mendapat laporan dari anggota Dewan Pers berkaitan dengan penggantian pengurus setelah Azyumardi Azra meninggal dunia,  serta laporan mengenai indeks kebebasan pers dan perkembangan media sustainability.

“Kalau soal kebebasan pers, saya kira sudah kurang bebas apa. Justru yang penting sekarang adalah media harus bertanggung jawab. Di situ yang penting,” tegas Jokowi.

Presiden juga menaruh perhatian besar pada platform global dalam konteks menjaga keberimbangan dan keadilan yang mesti diantisipasi. “Perkembangan teknologi artifisial inteligent harus terus diperhatikan oleh pers,” kata Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

12 Kampung Jadi Kampung Panca Tertib Tahun Ini

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement