Advertisement

Ini Peta Desa di Magelang Terdampak Tol Jogja Bawen

ST22
Senin, 30 Januari 2023 - 19:07 WIB
Bhekti Suryani
Ini Peta Desa di Magelang Terdampak Tol Jogja Bawen Ilustrasi jalan tol. - Freepik

Advertisement

Harianjgoja.com, MAGELANG–Pembangunan Tol Jogja Bawen yang akan melintasi kawasan Jogja, Banyurejo, Borobudur, Magelang, Secang, Ambarawa, dan berakhir di Bawen masih di tahap pembebasan lahan. Di DIY pembebasan lahan baru mencapai 65%.

Tol Jogja-Bawen Seksi 1 akan dibangun dengan dua bentuk yakni elevated (melayang) sebagian besarnya melayang di atas Selokan Mataram dan at grade (di atas tanah). Selain Selokan Mataram ada pula sejumlah desa terdampak sehingga warga nantinya akan berjalan melewati terowongan, akses pengganti jalan yang terdampak.

Advertisement

Jalan tol sepanjang 76 kilometer dengan panjang 68 kilometer di Jawa Tengah akan berdampak ke 62 desa di sekitarnya, sedangkan di Magelang setidaknya terdapat tujuh kecamatan dengan total 44 desa terdampak atau total sekitar 7.000 bidang tanah.

Melansir dari jatengprov.go.id diantaranya ialah Kecamatan Ngluwar yakni Bligo, Pakunden, Karang Talun, Ngluwar, Jamuskauman, Plosogede, dan Blongkeng. Muntilan, diantaranya Sriwedari, Sukorini, Congkrang, Adikarto, Tanjung. Mungkid meliputi Senden, Mungkin, Pagersari, Bojong, dan Pabelan.

BACA JUGA: Besok, Jembatan Kretek 2 di JJLS Bantul Akhirnya Dibuka untuk Uji Coba

Candimulyo mencakup Mejing, Sidomulyo, Podosoko, Tempak, dan Tampir Kulon. Tegalharjo meliputi Girirejo, Purwodadi, Glagahombo, Purwosari, Banyu Urip, Tempingan. Kemudian ada Secang, Karangkajen, Donorejo, Candisari, Pucang, Madusari, Payaman, Jambewangi, Pancuranmas, dan Candiretno. Terakhir Kecamatan Grabag yakni Losari, Kalipucang, Grabag, Sidogede, Kartoharjo, Banyusari, Kalikuto

Dengan demikian, luas pengadaan tanah pembangunan jalan Tol Jogja-Bawen melintasi di Kabupaten Magelang mencapai 5.792.366 m.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembali Tampil di Pilkada Gunungkidul Tahun Ini, Ini Gagasan yang Diusung Sutrisna Wibawa

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement