Advertisement

Kaesang Diduetkan dengan Anak Rudy di Pilkada Solo, Begini Kata Gibran..

Newswire
Sabtu, 28 Januari 2023 - 10:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kaesang Diduetkan dengan Anak Rudy di Pilkada Solo, Begini Kata Gibran.. Dua putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep dan Gibran Rakabuming Raka, dalam sebuah acara promo bisnis mereka di Jakarta, Minggu (11/3/2018) lalu. - Suara.com / Kurniawan Mas\\'ud

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, kembali mengingatkan adiknya, Kaesang Pangarep, untuk segera sowan kepada Ketua DPC PDIP Solo, FX. Hadi Rudyatmo, bila serius ingin terjun ke dunia politik.

Menurut Gibran, Rudy, panggilan akrabnya, merupakan seorang guru, mentor, dan bapak bagi banyak orang. Pernyataan itu Gibran sampaikan saat diwawancara wartawan di Gedung DPRD Solo, Jumat (27/1/2023) siang.

Advertisement

“Bukan masalah [karena penempatan Kaesang] Solo atau bukan. Pak Rudy itu bapak kita semua, guru kita semua. Bukan masalah guru atau apa, mentor, guru saya, panutan, dan ketua saya [DPC PDIP Solo,” tutur dia dikutip dari Solopos.com-jaringan Harianjogja.com, Jumat (27/1/2023). 

Beberapa hari lalu Gibran menyarankan Kaesang segera sowan kepada Rudy bila ingin ke politik. Tapi Kaesang belum melaksanakan saran itu. Kaesang juga belum berkomentar terkait rencanannya terjun ke dunia politik.

Namun, saat disinggung lebih jauh terkait rencana Kaesang terjun ke dunia politik, khususnya ke jabatan eksekutif, Gibran enggan berkomentar. Dia menyarankan awak media agar bertanya langsung ke Kaesang.

Baca juga: Dikejar Penculik, Bocah SD di Jogja Tak Bisa Tidur dan Takut ke Sekolah

Embuh, embuh, takon Kaesang. Aku ora ngerti, tanya Kaesang ya. Aku ora ngerti planninge seperti apa [Tidak tahu, tidak tahu, tanya Kaesang. Aku tidak tahu, tanya Kaesang ya. Aku tidak tahu rencananya seperti apa],” kata dia. Termasuk saat dimintai tanggapan usulan duet Kaesang dengan putra Rudy, dia tak banyak berkomentar.

Tapi dia sempat mempersilakan dengan menjawab pakai bahasa Jawa. “Ya mangga. Tanya Kaesang ya, terima kasih,” imbuh dia. Sedangkan disinggung apakah Kaesang juga akan masuk ke PDIP, Gibran tidak tahu.

Lagi-lagi dia meminta awak media untuk bertanya langsung kepada Kaesang.

Tanggapan Rudy

Sebelumnya, Rudy mengaku welcome atau bersikap terbuka bila Kaesang Pangarep akan gabung PDIP. “Ya baik ta [Kaesang masuk politik]. Ora apa-apa [Kaesang ke eksekutif]. Mau terjun ke mana pun boleh. Dan kalau ke PDIP ya tepat, terbuka. Saya tidak pernah menghalang-halangi siapapun yang mau masuk,” ujar dia, Rabu (25/1/2023).

Rudy, panggilan akrabnya, justru memberikan penjelasan tentang apa itu politik dan partai politik. Pemahaman tentang arti maupun peran dari politik serta parpol menurut dia penting bila Kaesang benar-benar mau terjun ke dunia politik.

“Kalau Mas Kaesang mau ke politik, biar ngerti malahan politik itu apa. Politik itu seni mengelola aspirasi rakyat. Parpol alat perjuangan untuk meraih kekuasan untuk kesejahteraan rakyat. Bukan kesejahteraan diri sendiri,” ungkap dia.

Rudy menyebut saat ini banyak kaum milenial yang ingin bergabung dengan PDIP sebagai parpol terbesar di negeri ini. Sehingga bila Kaesang juga tertarik untuk bergabung dengan PDIP, dia melanjutkan, partai ini bersikap terbuka.

“Kalau Mas Kaesang mau masuk ke PDIP, terbuka pintu kita. Karena banyak juga kaum milenial mau masuk ke PDIP. Jadi PDIP saat ini kan banyak dilamar oleh kaum milenial juga. Untuk itu silahkan saja kalau mau terjun ke politik,” imbuh dia.

Tapi, Rudy memberikan pesan penting kepada Kaesang bila mau masuk ke dunia politik. Dia meminta agar Kaesang siap terhadap dua hal, yaitu kecewa dan dikecewakan. Dengan begitu Kaesang bisa punya prinsip, sikap, serta komitmen.

“Kalau bisa seperti itu pasti akan jadi kader militan, bukan loyal. Nek militan wes mesti loyal, nek loyal durung mesti militan,” ungkap dia. Menurut Rudy seorang kader militan akan tetap membela pimpinannya saat berada dalam bahaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : solopos.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Cara Membeli Tiket KA Bandara Jogja via Online

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement