Advertisement

Persiapan ATF 80%, DPRD DIY Harap Ada Efek Domino untuk Pariwisata DIY

Media Digital
Rabu, 18 Januari 2023 - 06:17 WIB
Jumali
Persiapan ATF 80%, DPRD DIY Harap Ada Efek Domino untuk Pariwisata DIY ATF dan Kebangkitan Pariwisata - Tangkapan Layar

Advertisement

JOGJA—Persiapan Asean Tourism Forum (ATF) sudah mencapai 80%, perhelatan pariwisata negara Asean tersebut akan dihelat Februari mendatang di DIY. DPRD DIY menyebut anggaran pengembangan wisata di DIY sudah mencapai ratusan miliar rupiah selama ini, sehingga saat ATF berlangsung nanti diharapkan sektor tersebut turut mensejahterakan masyarakat DIY.

Persiapan ATF dan hal-hal yang diharapkan dari penyelenggaraannya disampaikan dalam talkshow yang diselenggarakan Harian Jogja di Gedung DPRD DIY pada Selasa (17/1/2023). Narasumber talkshow tersebut adalah Wakil Ketua DPRD DIY Huda Tri Yudiana dan Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) DIY Bobby Ardyanto bertema ATF dan Kebangkitan Pariwisata.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Huda menjelaskan DPRD DIY mendukung sepenuhnya ATF 2023 ini karena dapat menjadi momen pariwisata bangkit lebih besar lagi. “Selain jadi tuan rumah yang tentunya akan mendongkrak promosi, kami harap ada efek domino, misalnya kunjungan wisatawan luar negeri ke DIY meningkat,” katanya.

Koordinasi penyelenggaraan ATF, jelas Yuda, juga dilakukan DPRD terutama dalam membantu desa wisata turut berpartisipasi.

“Kami juga ikut koordinasi, agar ATF tidak hanya terpusat di kawasan perkotaan saja tapi juga ikut menyentuh desa-desa wisata di Gunungkidul dan Kulonprogo,” jelasnya.

Huda menyebut anggaran untuk pembangunan dan pengembangan pariwisata di DIY mencapai ratusan miliar rupiah. “Anggarannya tersebar ke berbagai lembaga dan sektor, misalnya dari sektor pekerjaan umum sampai kesehatan juga ada hubunganya dengan pariwisata, kalau dihitung ratusan miliar ada tiap tahunnya,” ujarnya.

Besarnya anggaran pembangunan pariwisata tersebut, lanjut Huda, diharapkan juga akan mengangkat kesejahteraan masyarakat. “Sektor ini kan jadi sektor utama di DIY juga, banyak masyarakat yang juga ada di industri ini kami harap apalagi dengan adanya ATF kesejahteraan dapat meningkat,” ucapnya.

Sementara itu, Bobby menyebut persiapan ATF sudah 80% dimana GIPI juga ikut berpartisipasi di dalamnya. “ATF ini jadi yang kedua di DIY, sebelumnya yang pertama diselenggarakan pada 2002 dan di JEC juga, sama dengan yang sekarang,” katanya.

Selain merumuskan kebijakan, jelas Bobby, ATF juga jadi pertemuan antara buyer dan biro perjalanan wisata internasional. “Ini momen penting jadi harus didukung bersama, supaya industri pariwisata DIY terus maju,” ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Kapan Bantul dan Kulonprogo Tersambung Lewat JJLS? Ini Jadwalnya

Jogja
| Rabu, 08 Februari 2023, 06:27 WIB

Advertisement

alt

Meski Ada Gempa, Minat Masyarakat ke Turki Tak Surut

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement