Advertisement

Ini 5 Gunung Api di Indonesia yang Mengalami Erupsi di Awal 2023, Marapi yang Paling Intens

Muhammad Noli Hendra
Minggu, 15 Januari 2023 - 19:27 WIB
Arief Junianto
Ini 5 Gunung Api di Indonesia yang Mengalami Erupsi di Awal 2023, Marapi yang Paling Intens Kondisi erupsi Gunung Merapi di Provinsi Sumatra Barat, Sabtu (14/1/2023) - Foto Warga

Advertisement

Harianjogja.com, PADANG — Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM mencatat hingga pertengahan Januari 2023 ini ada lima gunung api di Indonesia yang mengalami erupsi.

Kelima Gunung Api itu yakni Gunung Marapi, Anak Krakatau, Semeru, Kerinci, dan Gunung Ili Lewotolok.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Dari kelima Gunung Api itu, yang paling intens mengalami erupsi adalah Gunung Marapi yang berada di Provinsi Sumatra Barat.

Dari laman magma.esdm.go.id menyebutkan erupsi Gunung Marapi pada awal 2023 paling intens terjadi. Bahkan hingga pukul 18.00 WIB Sabtu (14/1/2023) saja, jumlah erupsi yang terpantau oleh Pos Pengamatan Gunungapi di Bukittinggi mencapai 185 kali erupsi.

Sementara hingga Minggu (15/1/2023) pukul 12.00 WIB, erupsi masih terjadi hingga enam kali. Artinya total erupsi yang terjadi Gunung Marapi telah lebih dari 190 kali.

BACA JUGA: Gunung Marapi 172 Kali Erupsi Hingga Jumat Petang

Ketinggian kolom asap yang teramat pernah menyentuh satu kilometer, dan rata-rata intensitas yang terjadi ketinggian kolom asap teramati 200-700 m di atas permukaan puncak gunung api.

Untuk di Gunung Marapi, status masih di Level II atau waspada. Pemerintah daerah setempat yang telah mengeluarkan surat edaran untuk melarang adanya pendakian ke Gunung Marapi menyikapi kondisi terkini.

Di Sumbar, Gunung Marapi berada pada empat di antara empat wilayah yakni Kabupaten Agam, Tanah Datar, Kota Padang Panjang, dan Bukittinggi.

Kondisi erupsi Gunung Kerinci/Foto Warga

Sedangkan jumlah letusan yang teramati oleh laman magma.esdm.go.id hingga 15 Januari 2023 ini, selain ada Gunung Marapi yang memiliki intensitas yang tinggi, posisi kedua datang dari Gunung Anak Krakatau yakni sebanyak 8 kali erupsi, lalu Gunung Kerinci 5 kali erupsi, Gunung Semeru 3 kali erupsi, dan yang baru muncul adalah Gunung Ili Lewotolok baru satu kali erupsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Fokus Pengembangan Gunungkidul Beralih dari Selatan ke Utara

Gunungkidul
| Rabu, 01 Februari 2023, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Seru! Ini Detail Paket Wisata Pre-Tour & Post Tour yang Ditawarkan untuk Delegasi ATF 2023

Wisata
| Rabu, 01 Februari 2023, 14:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement