Advertisement

Info Terbaru, Tol Jogja Solo Seksi 1 Selesai Dibangun Tahun Ini

Taufiq Sidik Prakoso
Kamis, 12 Januari 2023 - 18:57 WIB
Budi Cahyana
Info Terbaru, Tol Jogja Solo Seksi 1 Selesai Dibangun Tahun Ini Ilustrasi jalan tol. Tol Jogja Solo akan selesai sebagian tahun ini. - Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, KLATEN—Pelaksana proyek atau kontraktor Tol Jogja Solo, PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM), optimistis pembangunan Seksi 1 dari Kartasura sampai Purwomartani, Kalasan, Sleman, selesai tahun ini.

Tol Jogja Solo Seksi 1 mulai bisa dioperasikan pada pertengahan 2024. “Kami ditargetkan selesai pada akhir 2023, paling telat awal 2024. Operasional pada pertangahan 2024,” kata General Manager Lahan dan Utilitas PT JMM, Muhammad Amin, Kamis (12/1/2023).

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Amin mengatakan pembangunan Tol Jogja Solo Seksi 1.1 atau antara Kartasura dan Ngawen sudah hampir 50 persen. Sementara, pembangunan Seksi 1.2 atau antara Ngawen dan Purwomartani baru sekitar 1 persen.

BACA JUGA: Tol Terpanjang Kedua di Indonesia Tersambung Tol Jogja Solo dan Jogja Cilacap, Ini Jalurnya

Pembangunan saat ini berupa pembuatan boks atau lorong untuk jalan serta saluran air. Selain itu, sudah ada pengecoran.

“Kami berupaya mencari solusi agar ada percepatan di seksi 1.2,” kata Amin.

Amin mengatakan hingga kini sejumlah masih bisa diatasi. Kendala itu seperti tanah wakaf yang di atasnya berdiri masjid.

Pelepasan tanah wakaf itu harus melalui sejumlah proses, termasuk izin dari Kementerian Agama (Kemenag). Proses pencarian tanah pengganti masih dibantu Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Amin menjelaskan proses ganti rugi masjid yang berdiri di tanah wakaf tidak bisa diwujudkan dalam bentuk uang. Proses penggantian dilakukan dengan mengganti tanah sekaligus bangunan.

Selain pelepasan tanah wakaf, kendala lainnya yakni menunggu proses pelepasan makam yang dilewati Tol Jogja Solo.

BACA JUGA: Cerita Warga yang Sedih meski Mendapat Ganti Rugi Tol Jogja Solo Miliaran Rupiah

“Untuk makam, kalau itu berada di tanah wakaf, prosesnya juga sama [tidak bisa diganti dalam bentuk uang]. Kalau makam ternyata di tanah kas desa, bisa diganti dengan uang untuk dicarikan tanah pengganti. Pemindahannya nanti dibentuk suatu panitia yang mengurusi pemindahan. Kalau pemindahan diserahkan ke ahli waris masing-masing, khawatirnya tidak terlaksana. Insyaallah pada 2023 ini selesai,” kata Amin.

Kasi Pengadaan Tanah BPN Klaten, Sulistiyono, menargetkan pembebasan lahan Tol Jogja Solo rampung pada 2023. Proses pembebasan lahan sudah menyasar 40-an desa. Sementara, total desa dan kelurahan yang dilalui jalan tol di Klaten mencapai 50 desa di 11 kecamatan.

“Tahun ini insyaallah pembebasan lahan untuk tol di Klaten selesai. Anggaran yang disiapkan untuk pengadaan lahan di Klaten total sekitar Rp4,5 triliun. Sudah terserap [untuk pembayaran uang ganti rugi] Rp3 triliun,” kata Sulis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Komitmen Jaga NKRI, Pengurus Santri Marhaens PC Kota Jogja Dilantik

Jogja
| Senin, 06 Februari 2023, 10:00 WIB

Advertisement

alt

Simak! Ini 10 Gunung Termegah di Dunia

Wisata
| Minggu, 05 Februari 2023, 22:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement