Advertisement

KPK Periksa Wakil Ketua MPR Syariefuddin Hasan Terkait Dana Koperasi & UMKM

Setyo Aji Harjanto
Rabu, 04 Januari 2023 - 13:47 WIB
Sunartono
KPK Periksa Wakil Ketua MPR Syariefuddin Hasan Terkait Dana Koperasi & UMKM KPK Periksa Wakil Ketua MPR Syariefuddin Hasan Sebagai Saksi di Kasus LPDB UMKM. - Antara/Hafidz Mubarak A

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengagendakan pemeriksaan terhadap Wakil Ketua MPR Fraksi Demokrat yang juga mantan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Indonesia. Syariefuddin Hasan pada Rabu (4/1/2023).

Dia akan diperiksa sebagai saksi dalam perkara dugaan korupsi terkait penyaluran dana bergulir fiktif oleh Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) tahun anggaran 2012-2013.

Advertisement

Keterangan pria yang karib disapa Syarief Hasan itu dibutuhkan penyidik untuk melengkapi berkas penyidikan Direktur LPDB-KUMKM periode 2010 - 2017 Kemas Danial (KD).

BACA JUGA : KPK Tahan 4 Tersangka Dana Bergulir LPDB UMKM

"Pemeriksaan dilakukan di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan Persada Kavling 4, Setiabudi, Jakarta Selatan, atas nama Syariefuddin Hasan, Wakil Ketua MPR RI," ujar Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Rabu (4/1/2023).

Selain Syarief Hasan, tim penyidik mengagendakan pemeriksaan terhadap Endang Suhendar, wiraswasta. Namun, belum diketahui apa yang akan didalami dari Syarief dsn Endang.

Dalam perkara ini, KPK mengumumkan empat tersangka kasus dugaan korupsi penyaluran dana bergulir di Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB KUMKM) di Jawa Barat. Para tersangka diduga merugikan negara hingga Rp116,8 miliar.

BACA JUGA : Subardi Gencarkan Digitalisasi Koperasi dan UKM di DIY

Keempat tersangka itu adalah mantan Direktur LPDB KUMKM Kemas Danial, Ketua Pengawas Koperasi Pedagang Kaki Lima Panca Bhakti Jawa Barat Dodi Kurniadi, Sekretaris II Koperasi Pedagang Kaki Lima Panca Bhakti Jawa Barat Deden Wahyudi, dan Direktur PT Pancamulti Niagapratama Stevanus Kusniadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pj Walikota Jogja Singgih Raharjo Maju Pilkada, Begini Respons Pemda DIY

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement