Advertisement

Kim Jong-un Minta Korut Jor-Joran Bikin Senjata Nuklir, Ada Apa?

Erta Darwati
Senin, 02 Januari 2023 - 18:57 WIB
Arief Junianto
Kim Jong-un Minta Korut Jor-Joran Bikin Senjata Nuklir, Ada Apa? Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un membawa putrinya Kim Ju-ae pada uji coba rudal balistik antarbenua ICBM. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un menyerukan peningkatan besar-besaran dalam persenjataan nuklir negaranya, pada Minggu (1/1/2023).

Adapun seruan itu termasuk juga untuk memproduksi senjata nuklir taktis secara massal dan mengembangkan rudal baru untuk serangan balik nuklir.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Menurut laporan di akhir pertemuan partai di Pyongyang, Kim Jong-un menyerukan peningkatan eksponensial persenjataan nuklir di negaranya tersebut, seperti dilansir dari Channel News Asia, Senin (2/1/2023).

BACA JUGA: Korea Utara Punya 69 Hari Libur Tahun Depan, Salah Satunya Hari Ulang Tahun Kim Jong-Un

Pada laporan itu juga mengatakan bahwa Korea Utara membutuhkan produksi senjata nuklir taktis secara massal dan mengembangkan sistem ICBM (rudal balistik antarbenua) lain yang misi utamanya adalah serangan balasan nuklir cepat.

Adapun ketegangan militer di semenanjung Korea meningkat tajam pada 2022, pada saat Korea Utara melakukan uji coba senjata penghancur hampir setiap bulan, termasuk menembakkan rudal balistik antarbenua tercanggihnya.

Militer Korsel mengatakan bahwa uji coba itu menutup tahun pemecahan rekor peluncuran dengan menembakkan 3 rudal balistik jarak pendek pada Sabtu (31/12/2022) pagi.

Selain itu, juga melakukan peluncuran larut malam pada Minggu pukul 02.50 waktu setempat. Kantor Berita Korut KCNA melaporkan bahwa peluncuran tersebut merupakan uji coba dari beberapa peluncur roket super besar.

Sementara itu, Kim Jong-un mengatakan bahwa senjata itu menempatkan Korea Selatan secara keseluruhan dalam jangkauan serangan yang mampu membawa hulu ledak nuklir taktis.

Peluncuran tersebut dilakukan hanya beberapa hari setelah Seoul meluncurkan jet tempur, saat lima drone Korea Utara melakukan serangan ke wilayah udara Korea Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Pendapatan BPHTB Sleman 2022 Capai Rp239 Miliar

Sleman
| Sabtu, 04 Februari 2023, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Kemegahan Desa Wisata Karangrejo Borobudur Menyimpan Kisah Menarik Bersama Ganjar

Wisata
| Sabtu, 04 Februari 2023, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement