Advertisement

J-20, Jet Tempur Buatan China yang Bikin AS Ketar-ketir

Hesti Puji Lestari
Selasa, 27 Desember 2022 - 10:47 WIB
Sunartono
J-20, Jet Tempur Buatan China yang Bikin AS Ketar-ketir Jet tempur J-20 buatan China - China Military

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO - Ketegangan China dan Taiwan kian meningkat akhir-akhir ini. Bahkan pada momen Natal, Tiongkok memutuskan mengepung kawasan Taiwan. Hal tersebut dilakukan China sebagai bentuk protes karena hubungan Taiwan dan AS yang kian mesra.

Laporan sebelumnya menyebut jika Joe Biden siap membantu memberikan hutang kepada Taiwan untuk membeli senjata canggih untuk mempertahankan wilayahnya.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Seiring dengan semakin meningkatnya ketegangan yang terjadi, tampaknya militer China kian berbenah. Mereka memperbarui teknologi alutsista agar lebih siap jika sewaktu-waktu terjadi perang.

Dilansir dari thedrive.com, China saat ini tengah fokus menggarap jet tempur yang akan menjadi andalan Angkatan Udara mereka yakni J-20. Pembaharuan fitur J-20 akan meningkatkan kemampuan aerodinamis dan kinerjanya secara keseluruhan.

Dilihat dari gambar terbaru yang dirilis militer China, salah satu perubahan yang paling menonjol adalah kanopi kokpit yang dimodifikasi dan diratakan yang menyatu dengan tulang belakang yang terangkat.

Pengaturan aerodinamis semacam ini kemungkinan memiliki efek meningkatkan kinerja dan penanganan selama penerbangan transonik dengan mengurangi hambatan pada badan pesawat.

Bagian tulang belakang pesawat yang diperbesar juga dapat memberikan ruang yang berguna untuk avionik dan bahan bakar tambahan.

Nantinya, J-20 pada akhirnya akan menggantikan mesin WS-10 standar yang dikembangkan di dalam negeri saat ini dengan mesin WS-15 yang lebih bertenaga.

China pernah mamerkan beberapa peningkatan dari jet tempur andalan mereka itu. Ketika membandingkan penampilan publik pertamanya di Airshow China 2016 dengan penampilan terbarunya di Airshow China 2022, J-20 telah mengalami banyak perubahan.

“Semua J-20 yang berpartisipasi dalam Airshow China 2022 dilengkapi dengan mesin yang dikembangkan di dalam negeri, dan avionik sepenuhnya ditingkatkan ke versi terbaru,” kata Mayor Li Weipeng, seorang pilot J-20, pada konferensi pers di Airshow China 2022

Bikin ngeri Amerika Serikat

Jelas, pembaharuan yang diterima J-20 ini akan membuat AS ketar-ketir. Eurasiantimes pernah melaporkan jika J-20 memang jadi salah satu ambisi China untuk menyeimbangkan penyebaran yang dilakukan AS dengan pesawat superioritas udara terkemuka, F-22, dan jet tempur siluman generasi kelima lainnya, F-35.

Menurut laporan, jalur produksi baru dan mesin buatan sendiri telah meningkatkan jumlah J-20 menjadi melebihi jumlah F-22 Raptor AS.

Sejauh ini China dilaporkan telah membangun setidaknya 200 jet J-20. Sebaliknya, Lockheed Martin hanya mengirimkan 186 F-22 Raptor sebelum menutup jalur perakitan secara permanen pada tahun 2012.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Fokus Pengembangan Gunungkidul Beralih dari Selatan ke Utara

Gunungkidul
| Rabu, 01 Februari 2023, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Seru! Ini Detail Paket Wisata Pre-Tour & Post Tour yang Ditawarkan untuk Delegasi ATF 2023

Wisata
| Rabu, 01 Februari 2023, 14:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement