Advertisement

Pendukung Ganjar Coba Bangkitkan Semangat Bertani Pemuda Gunungkidul

Galih Eko Kurniawan
Sabtu, 17 Desember 2022 - 18:57 WIB
Galih Eko Kurniawan
Pendukung Ganjar Coba Bangkitkan Semangat Bertani Pemuda Gunungkidul Pelatihan tani milenial diadakan di Gunungkidul, Sabtu (17/12/2022). - Harian Jogja - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Pemuda Mahasiswa Nusantara (PMN) DIY menggelar pelatihan pertanian untuk kalangan milenial di daerah Nglipar, Gunungkidul, DIY guna membangkitkan semangat bertani para pemuda dan milenial.

Koordinator Wilayah PMN DIY Maryadi menjelaskan salah satu tema yang diangkat dalam pelatihan itu adalah budi daya markisa madu. Proses menanamnya yang mudah membuat buah ini sangat cocok dibudidayakan milenial yang baru belajar bertani.

Advertisement

“Sebagai pemuda ingin merespons bagaimana budi daya markisa ini bisa dilakukan tanpa mengeluarkan biaya yang besar. Bahkan, di pekarangan-pekarangan rumah juga bisa dilakukan,” katanya dalam rilis kepada Harian Jogja, Sabtu (17/12/2022).

PMN berharap pelatihan bisa mengedukasi para pemuda di Gunungkidul untuk berani bertani dan mematahkan stigma bertani hanya dilakukan kalangan orang tua.

Pelatihan yang diikuti ratusan pemuda ini terinspirasi dari sosok Ganjar Pranowo yang memperhatikan kalangan pemuda dan petani lewat program Kartu Tani.

Program itu antara lain petani memperoleh pupuk bersubsidi, dapat menjual hasil panen tanpa perantara serta kemudahan dalam mendapatkan bantuan sosial maupun subsidi.

Penyuluh Pertanian Lapangan Dinas Pertanian Gunungkidul Budi Kuncoro mengapresiasi kegiatan yang dilakukan PMY DIY karena jadi salah satu solusi masalah kurangnya minat generasi muda terhadap dunia pertanian.

“Negara penduduknya semakin banyak, kebutuhan pangan semakin banyak. Itu memerlukan tenaga-tenaga muda untuk memenuhi kebutuhan pangan itu,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Korban Apartemen Malioboro City Bakal Bergabung dengan Ratusan Orang untuk Aksi Hari Buruh

Jogja
| Kamis, 25 April 2024, 11:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement