Advertisement

Ini Daftar Terbaru Orang Terkaya di Indonesia, Siapa Posisi Puncak?

Iim Fathimah Timorria
Kamis, 08 Desember 2022 - 19:37 WIB
Bhekti Suryani
Ini Daftar Terbaru Orang Terkaya di Indonesia, Siapa Posisi Puncak? Daftar orang terkaya di Indonesia diisi sejumlah konglomerat seperti keluarga Hartono, Low Tuck Kwong, hingga keluarga Widjaja Grup Sinar Mas. Bloomberg - Dimas Ardian

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA— Forbes kembali merilis daftar 50 orang terkaya di Indonesia. Pemilik Grup Djarum Hartono bersaudara masih kokoh menempati posisi puncak dengan akumulasi kekayaan yang meningkat dibandingkan dengan tahun lalu.

Dalam laporannya, Forbes menyebutkan bahwa kekayaan bersih 22 taipan Indonesia melesat hingga 11 persen sehingga menjadi US$180 miliar, dari US$162 miliar pada 2021.

Advertisement

Peningkatan pundi-pundi kekayaan tersebut tidak terlepas dari tingginya harga sejumlah komoditas ekspor. Ekonomi Indonesia diperkirakan tumbuh 5,3 persen tahun ini. Sejalan dengan hal tersebut, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) telah menguat 8 persen saat penghitungan kekayaan dilakukan Forbes.

Robert Budi Hartono dan Michael Hartono yang kokoh di peringkat pertama tercatat memiliki total kekayaan senilai US$47,7 miliar, naik US$5,1 miliar daripada 2021.

BACA JUGA: Ini Arahan Jokowi Soal RUU KUHP yang Kontroversial

Makin tebalnya kantong Hartono bersaudara tidak lepas dari kontribusi initial public offering (IPO) PT Global Digital Niaga Tbk. (BELI) alias Blibli yang berhasil meraup dana segar sekitar Rp8 triliun atau US$510 juta.

Posisi kedua dalam daftar orang Indonesia terkaya versi Forbes ditempati bos PT Bayan Resources Tbk. (BYAN) Low Tuck Kwong. Kekayaan Low Tuck Kwong naik hampir lima kali lipat menjadi US$12,1 miliar, dari hanya US$2,55 miliar tahun lalu berkat harga batu bara yang tinggi.

BACA JUGA: 

Lesatan kekayaan Low Tuck Kwong tidak lepas dari kenaikan harga saham BYAN yang merupakan salah satu perusahaan tambang batu bara terbesar di Tanah Air. Harga saham BYAN telah naik 449,06 persen secara year to date (ytd).

Di posisi ketiga, Kekayaan keluarga konglomerat Grup Sinar Mas Widjaja tercatat naik US$1,1 miliar menjadi US$10,8 miliar, tetapi posisinya turun ke peringkat tiga. Kenaikan kekayaan bersih turut disumbang oleh pemulihan bisnis kertas Sinar Mas.

Kemudian Sri Prakash Lohia dari Indorama Corp berada di posisi keempat dengan kekayaan yang naik US$1,5 miliar menjadi US$7,7 miliar. Sementara itu, kekayaan Bos Indofood Anthoni Salim yang berada di peringkat Kelima turun US$1 miliar menjadi US$7,5 miliar.

Daftar 10 orang terkaya di Indonesia versi Forbes

  • R. Budi & Michael Hartono; US$47,7 miliar
  • Low Tuck Kwong; $12,1 miliar
  • Keluarga Widjaja; $10,8 miliar
  • Sri Prakash Lohia; $7,7 miliar
  • Anthoni Salim; $7,5 miliar
  • Chairul Tanjung; $5,2 miliar
  • Prajogo Pangestu; $5,1 miliar
  • Boenjamin Setiawan; $4,8 miliar
  • Tahir; $4.2 miliar
  • Djoko Susanto; $4,1 miliar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Perayaan Paskah 2024, Tim Jibom Polda DIY Melakukan Sterilisasi Sejumlah Gereja di Jogja

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 01:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement