Advertisement

Dukungan Diklaim Melimpah, Peluang Anies Berpasangan dengan AHY Semakin Kuat Besar

Surya Dua Artha Simanjuntak
Minggu, 04 Desember 2022 - 21:07 WIB
Arief Junianto
Dukungan Diklaim Melimpah, Peluang Anies Berpasangan dengan AHY Semakin Kuat Besar Anies Baswedan. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Survei terbaru Indikator Politik Indonesia menunjukkan bahwa sebanyak 28,6% pendukung Anies Baswedan memilih Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai calon wakil presiden (cawapres). 

Peneliti Indikator Politik Indonesia Bawono Kumoro menilai temuan ini menarik karena berbanding lurus dengan temuan Survei Kompas pada Oktober lalu. Survei Kompas menunjukkan 19,8 persen pemilih Anies berlatar belakang pemilih Partai Demokrat.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Seperti diketahui, AHY merupakan ketua umum Partai Demokrat. Partai tersebut juga kerap menunjukkan kedekatan dengan Anies, terutama dideklarasikan sebagai calon presiden (capres) oleh NasDem pada awal Oktober lalu.

Bawono merasa kemesraan antara Demokrat dan Anies jadi alasan utama basis pendukung mantan gubernur DKI Jakarta tersebut memilih AHY jadi cawapres.

“Mengingat sejak mantan Gubernur DKI Jakarta itu dideklarasikan sebagai bakal calon presiden oleh Partai NasDem pada 3 Oktober lalu tercatat AHY dan Partai Demokrat paling intensif melakukan pendekatan komunikasi politik kepada Anies Baswedan,” jelas Bawono dalam keterangan tertulis, Minggu (4/12/2022).

BACA JUGA: Canggih! Bola Piala Dunia Qatar Dilengkapi Sensor, Bisa Dicharge Layaknya Smartphone

Dia mencontohkan saat Anies mendatangi kantor DPP Demokrat beberapa hari setelah dideklarasikan capres. Saat itu, Anies dan AHY tak segan menunjukkan kemesraannya.

Oleh karenanya, Bawono berkesimpulan NasDem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) harus legowo untuk menerima duet Anies-AHY untuk Pilpres 2024.

“Karena itu memang tidak ada pilihan lain bagi NasDem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera selain berkoalisi menghadapi pemilu 2024,” ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

BPS Rilis Ekonomi DIY Melesat, Sektor Pariwisata Jadi Pengungkit

Jogja
| Selasa, 07 Februari 2023, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Ingin Melancong Sendirian? Ini Daftar 15 Negara yang Aman bagi Solo Traveler Perempuan

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 07:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement