Advertisement

Hari Disabilitas Internasional, Jokowi Pesan Begini..

ST-22
Minggu, 04 Desember 2022 - 14:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Hari Disabilitas Internasional, Jokowi Pesan Begini.. Sambutan Presiden Jokowi untuk Hari Disabilitas Internasional, 3 Desember 2022 - Youtube/Sekretariat Negara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Presiden Joko Widodo mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk memastikan terpenuhinya hak-hak penyandang disabilitas. Hal itu disampaikan presiden pada Sabtu (3/12/2022) bertepatan dengan Hari Disabilitas Internasional, yang diperingati setiap 3 Desember. 

Tanggal 3 Desember sebagai Hari Disabilitas Internasional ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tahun 1992. 

Advertisement

“Melalui regulasi dan kebijakan serta budaya masyarakat yang inklusif, dengan kerjasama antar Komisi Nasional Disabilitas dan seluruh komponen bangsa kita bisa meningkatkan partisipasi aktif penyandang disabilitas dalam pembangunan dan mendorong terbukanya akses layanan publik yang ramah disabilitas,” ujar Jokowi dalam sambutan presiden di kanal Youtube Sekretariat Presiden, Sabtu.

Melalui unggahan akun Instagramnya, Jokowi pun menyampaikan pembangunan yang maju adalah pembangunan yang melibatkan, mempertimbangkan dan memberi akses bagi seluruh rakyat.

Oleh karena itu para penyandang disabilitas harus memperoleh kesempatan yang sama dalam mendapatkan pendidikan yang layak, bekerja dan berkarir, serta berprestasi. Jokowi pun meminta serapan tenaga kerja disabilitas di seluruh lembaga pemerintahan, BUMN dan swasta untuk terus ditingkatkan.

“Mari kita terus berupaya keras agar Indonesia menjadi rumah yang semakin ramah, semakin nyaman sebagai rumah harapan bagi penyandang disabilitas,” tutupnya.

Penetapan Hari Disabilitas Internasional bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan permasalahan yang dihadapi penyandang disabilitas, menghapus stigma terhadap penyandang disabilitas serta turut membantu dalam meningkatkan martabat, hak, dan kesejahteraan penyandang disabilitas di berbagai aspek kehidupan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Korban Apartemen Malioboro City yang Laporkan Pengembang Ke Polda DIY Bertambah

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 13:37 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement