Advertisement

Hari Disabilitas Internasional, Jokowi Pesan Begini..

ST-22
Minggu, 04 Desember 2022 - 14:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Hari Disabilitas Internasional, Jokowi Pesan Begini.. Sambutan Presiden Jokowi untuk Hari Disabilitas Internasional, 3 Desember 2022 - Youtube/Sekretariat Negara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Presiden Joko Widodo mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk memastikan terpenuhinya hak-hak penyandang disabilitas. Hal itu disampaikan presiden pada Sabtu (3/12/2022) bertepatan dengan Hari Disabilitas Internasional, yang diperingati setiap 3 Desember. 

Tanggal 3 Desember sebagai Hari Disabilitas Internasional ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tahun 1992. 

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

“Melalui regulasi dan kebijakan serta budaya masyarakat yang inklusif, dengan kerjasama antar Komisi Nasional Disabilitas dan seluruh komponen bangsa kita bisa meningkatkan partisipasi aktif penyandang disabilitas dalam pembangunan dan mendorong terbukanya akses layanan publik yang ramah disabilitas,” ujar Jokowi dalam sambutan presiden di kanal Youtube Sekretariat Presiden, Sabtu.

Melalui unggahan akun Instagramnya, Jokowi pun menyampaikan pembangunan yang maju adalah pembangunan yang melibatkan, mempertimbangkan dan memberi akses bagi seluruh rakyat.

Oleh karena itu para penyandang disabilitas harus memperoleh kesempatan yang sama dalam mendapatkan pendidikan yang layak, bekerja dan berkarir, serta berprestasi. Jokowi pun meminta serapan tenaga kerja disabilitas di seluruh lembaga pemerintahan, BUMN dan swasta untuk terus ditingkatkan.

“Mari kita terus berupaya keras agar Indonesia menjadi rumah yang semakin ramah, semakin nyaman sebagai rumah harapan bagi penyandang disabilitas,” tutupnya.

Penetapan Hari Disabilitas Internasional bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan permasalahan yang dihadapi penyandang disabilitas, menghapus stigma terhadap penyandang disabilitas serta turut membantu dalam meningkatkan martabat, hak, dan kesejahteraan penyandang disabilitas di berbagai aspek kehidupan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Pendapatan BPHTB Sleman 2022 Capai Rp239 Miliar

Sleman
| Sabtu, 04 Februari 2023, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Kemegahan Desa Wisata Karangrejo Borobudur Menyimpan Kisah Menarik Bersama Ganjar

Wisata
| Sabtu, 04 Februari 2023, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement