Advertisement

Jokowi Sebut Banyak Negara Bergantung ke RI!

Ni Luh Anggela
Jum'at, 02 Desember 2022 - 16:47 WIB
Bhekti Suryani
Jokowi Sebut Banyak Negara Bergantung ke RI! Presiden Jokowi memberikan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah Tahun Anggaran 2023, di Istana Negara, Jakarta, Kamis (1/12/2022). - Dok. Youtube Setpres RI.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA– Mimpi Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membuat negara lain bergantung pada Indonesia nampaknya mulai terlihat. Jokowi mengatakan, banyak sekali negara lain yang ternyata bergantung pada Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Jokowi dalam sambutannya pada CEO Forum XIII bertajuk “Tantangan dan Langkah Percepatan Pemulihan 2023” di Istana Negara, Jakarta, Jumat (2/12/2022).

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

“Ini sudah beberapa kali saya cek, siapa sih yang bergantung kepada kita? Ternyata banyak sekali,” kata Jokowi, Jumat (2/12/2022).

Ketergantungan tersebut dapat dilihat saat Indonesia memutuskan untuk menghentikan ekspor batu bara. Jokowi mengaku, baru dua minggu diberhentikan, kepala-kepala negara sudah ramai-ramai meneleponnya.

“Oh ini tergantung, tergantung, tergantung, kok banyak sekali. Saya kaget juga. Urusan batubara,” ujarnya.

Hal serupa juga terjadi saat Jokowi memutuskan untuk menghentikan ekspor CPO (crude palm oil). IMF hingga Bank Dunia bahkan mempertanyakan mengapa Jokowi melakukan hal tersebut. 

Kendati demikian, Jokowi menjelaskan bahwa kebijakan tersebut diambil untuk menjaga pasokan CPO dalam negeri. Jokowi bahkan mengaku tak ambil pusing dengan beberapa pihak yang menyebut kebijakan tersebut keliru.

BACA JUGA: Target PAD Pariwisata Bantul Tahun Ini Dipastikan Gagal Dicapai, Begini Dalih Dispar

“Banyak yang menyatakan itu keliru, ya terserah nggak papa. Pendapat orang berbeda-beda. Saya, rakyat saya utamakan. Dan ternyata sampai sekarang stabilitas harga minyak goreng juga bisa kita lakukan tanpa harus cap,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Padat Karya Bantul Berdayakan Warga Miskin di 70 Kalurahan

Bantul
| Kamis, 09 Februari 2023, 01:27 WIB

Advertisement

alt

Meski Ada Gempa, Minat Masyarakat ke Turki Tak Surut

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement