Advertisement

Banyak Warga Tertimbun di Gempa Cianjur, Jumlah Korban Jiwa Diperkirakan Lebih Banyak

Wisnu Wage Pamungkas
Senin, 21 November 2022 - 21:27 WIB
Bhekti Suryani
Banyak Warga Tertimbun di Gempa Cianjur, Jumlah Korban Jiwa Diperkirakan Lebih Banyak Korban terdampak gempa di Kabupaten Cianjur - Bisnis

Advertisement

Harianjogja.com, BANDUNG— Jumlah korban meninggal dunia akibat bencana gempa bumi di Cianjur diperkirakan akan terus bertambah mengingat masih banyak warga yang diidentifikasi tertimbun reruntuhan.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan gempa berkekuatan Magnitudo 5,6 yang terjadi di Cianjur menyebabkan banyak sekali bangunan yang luluh lantak dan hancur. Data sementara hingga pukul 18.00 menurutnya mencatat sudah ada 56 warga meninggal dunia dan 700 lebih luka-luka.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

“Karena masih banyak warga terperangkap di tempat kejadian, kita asumsikan yang luka-luka dan meninggal dunia akan bertambah seiring waktu,” katanya di Cianjur, Senin (21/11/2022).

Menurutnya suasana saat ini masih membuat warga tercekam mengingat potensi adanya gempa susulan dikhawatirkan kembali terjadi. Karena itu, kegiatan kedaruratan seperti pengungsian warga terdampak masih dilakukan di luar bangunan.

“Kita mengantisipasi gempa susulan,” ujarnya.

BACA JUGA: Mepet Rel Kereta Api, Bagaimana Nasib Tanah Sisa Pembebasan di Jalur Tol Jogja-YIA?

Ridwan Kamil pun sudah memerintahkan agar pihak TNI/Polri membantu pendataan di sejumlah wilayah Cianjur yang rata-rata terpencil. Pendataan dilakukan oleh polisi di wilayah agar pihaknya mengetahui kondisi secara keseluruhan. “Kita membutuhkan data untuk memastikan situasi,” ujarnya.

Dia juga memastikan sudah memerintahkan dinas-dinas terkait pekerjaan umum untuk segera menormalisasi lalu lintas yang terdampak oleh gempa salah satunya dengan mengerahkan bantuan alat berat. “Rumah sakit di sekitar Cianjur juga sudah dikoordinasikan,” katanya.

Advertisement

Ridwan Kamil sendiri melakukan pemantauan langsung di RSUD Cianjur dan berdialog dengan para korban yang tengah dirawat. Pihaknya memberi dukungan moril pada warga di sana.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Warga Pakuncen Lestarikan Tradisi Tetesan Untuk Anak Perempuan

Jogja
| Minggu, 04 Desember 2022, 10:07 WIB

Advertisement

alt

Wisata ke Singapura via Batam, Begini Triknya

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 05:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement