Advertisement

Tak Hanya Putin, 2 Kepala Negara Ini Juga Absen di KTT G20 Bali

Wibi Pangestu Pratama
Minggu, 13 November 2022 - 00:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tak Hanya Putin, 2 Kepala Negara Ini Juga Absen di KTT G20 Bali Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memberi sambutan pada forum Laporan CSR Perusahaan Tiongkok di Indonesia yang dinisiasi oleh China Chamber of Commerce in Indonesia di Raffles Hotel Jakarta, Jumat (28/10/2022). - Bisnis/Nyoman Ary Wahyudi

Advertisement

Harianjogja.com, MANGUPUPA — Tiga negara anggota G20 menyatakan tidak akan hadir secara langsung ke Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 di Nus Dua, Bali. 

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Luhut saat itu hadir usai meninjau berbagai persiapan pelaksanaan KTT G20.

Advertisement

Dia mengatakan bahwa sudah terdapat 17 pemimpin negara yang mengonfirmasi kehadirannya secara fisik di KTT G20 pada 15—16 November 2022. Artinya, terdapat tiga pemimpin negara anggota G20 yang tidak akan hadir.

Nama pertama yang tidak bisa hadir, kata Luhut, adalah Presiden Rusia Vladimir Vladimirovich Putin. Sebelumnya Putin disebut-sebut akan hadir ke Bali, tetapi beberapa hari yang lalu terdapat perkembangan kabar bahwa dia batal terbang ke Bali.

Baca juga: Surya Paloh Masih Tunggu Dukungan Jokowi untuk Anies di Pilpres 2024

"Karena dia [Putin] ada isu domestik yang harus ditangani," kata Luhut pada Sabtu (12/11/2022).

Presiden baru Brazil, Luiz Inácio Lula da Silva juga tidak akan hadir ke KTT G20. Luhut menyebut bahwa alasannya karena dia baru saja terpilih dan harus mengurus transisi pemerintahannya.

Lalu, Presiden Meksiko Andrés Manuel López Obrador juga tidak akan menghadiri pertemuan puncak G20. Menurut Luhut, alasannya karena Andrés memang jarang bepergian jauh dari Meksiko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Harga Tiket KA Bandara YIA Hanya Rp20.000, Berikut Cara Memesannya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement