Advertisement

2.133 Jurnalis Siap Sebarkan Informasi KTT G20 ke Penjuru Dunia

Akbar Evandio
Kamis, 10 November 2022 - 14:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
2.133 Jurnalis Siap Sebarkan Informasi KTT G20 ke Penjuru Dunia KTT G20: 2.133 Jurnalis Siap Sebarkan Informasi ke Penjuru Dunia. ANTARA FOTO - Fikri Yusuf

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada 15-16 November 2022 mendatang akan diliput oleh 2.133 jurnalis dari media lokal dan internasional.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Usman Kansong memerinci 2.051 wartawan akan hadir secara langsung dan 82 lainnya akan meliput secara virtual.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

“Mereka adalah bagian dari 435 media terdaftar, yang terdiri dari 364 media internasional dan 71 media nasional,” ujarnya dalam konferensi pers #G20updates, Kamis (10/11/2022)

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa jurnalis dan staf media ini membutuhkan fasilitas pendukung yang memadai untuk meliputnya sehingga pemerintah akan memberikan beberapa fasilitas. Fasilitas ini akan memungkinkan mereka untuk mendapatkan informasi dari setiap momen penting dalam acara internasional ini.

Baca juga: Viral dengan "Kamu Nanya", Segini Penghasilan Alif Seleb Tiktok

Usman mengungkapkan empat tempat utama KTT yang akan dihadiri para pemimpin G20, yaitu Apurva Kempinski di Raya Nusa Dua Selatan, Kompleks Garuda Wisnu Kencana, Hutan Lindung Mangrove Ngurah Rai di Desa Pemogan, dan Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resort di Lot N5. Kompleks ITDC, Nusa Dua.

“Mengingat banyaknya kepala negara atau pejabat negara yang akan hadir, maka perlu diterapkan protokol keamanan yang sangat ketat. Akan ada pembatasan jangkauan akses di setiap lokasi,” kata Usman.

Usman mengatakan prioritas akses liputan langsung akan diberikan kepada media resmi yang melekat pada pimpinan delegasi masing-masing negara, atau yang disebut sebagai media resmi. Setiap media resmi terdiri dari fotografer, videografer, host, dan OTP (Official Travelling Press).

Advertisement

“Ketentuan ini berlaku di semua tempat KTT G20,” katanya.

Selain itu, Usman menjelaskan bahwa media center resmi menyediakan materi berupa siaran pers dwibahasa yakni Indonesia dan bahasa Inggris. Selain itu, media center menyediakan fasilitas untuk mendukung jurnalis yang meliput KTT, termasuk konten berita pendukung, seperti infografis, video pendek, dan buletin.

“Kami sudah menyiapkan media host yang terdiri dari fotografer dan videografer. Merekalah yang akan memenuhi kebutuhan gambar dan siaran untuk media yang tidak memiliki akses ke acara KTT G20. Materi dari media host dapat diakses secara gratis melalui ruang broadcast center internasional di media center G20 Summit. Selain siaran pers, kami juga menyediakan feed foto dan video yang bersih sebagai bahan berita untuk pers,” katanya.

Advertisement

Dia menambahlan, wartawan bisa mengumpulkan lencana ID pers untuk KTT G20 mulai 10-15 November 2022 di Courtyard Hotel. Lencana ini dapat diambil langsung oleh wartawan atau perwakilannya dengan menunjukkan surat konfirmasi dan foto identitas.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Pikun, Nenek Bakar Kasur di Dalam Rumah, Dikira Tungku

Kulonprogo
| Selasa, 29 November 2022, 21:07 WIB

Advertisement

alt

Masangin Alkid, Tembus Dua Beringin Bakal Bernasib Mujur

Wisata
| Selasa, 29 November 2022, 15:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement