Advertisement

Hampir Bersamaan, Wilayah di Indonesia Barat dan Timur Ini Diguncang Gempa

Bernadheta Dian Saraswati
Minggu, 11 September 2022 - 11:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Hampir Bersamaan, Wilayah di Indonesia Barat dan Timur Ini Diguncang Gempa Ilustrasi seismograf. Alat ini merupakat perangkat yang mengukur dan mencatat gempa bumi. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan telah terjadi gempa pada jam yang hampir bersamaan yakni di Indonesia bagian Barat dan Timur pada Minggu (11/9/2022) pagi. 

Di wilayah Barat, gempa bumi magnitudo 6,1 mengguncang Provinsi Sumatra Barat pada Minggu pukul 06.10 WIB pagi. Gempa tersebut berpusat di Kabupaten Kepulauan Mentawai, dengan kedalaman 10 Km. "Gempa ini tidak berpotensi tsunami," tulis BMKG dikutip dari Bisnis.com--jaringan Harianjogja.com.

Kendati tidak berpotensi tsunami, gempa bumi yang dirasakan pada Minggu pagi ini, terasa begitu kuat oleh warga di Kota Padang. "Terasa berayun, dan yang saya rasakan berlangsung beberapa detik, cukup lama ini," kata Zulkifli.

Diakuinya gempa tersebut membuat warga di Perumahan Nuansa Indah 3, Kelurahan Air Pacah, Kota Padang, berhamburan dari dalam rumah, karena guncangan terasa cukup kuat.

Dia menyebutkan mengetahui pusat gempa di Mentawai, kondisi tersebut juga pernah dirasakan beberapa hari yang lalu. "Kalau beberapa hari yang lalu itu, bisa belasan kali gempa susulannya, dan terasa di Padang, ya tidak sekuat pagi ini sih," ujarnya.

Sempat terjadi gempa susulan dengan magnitudo 5,4 dan masih berpusat di Kepulauan Mentawai, dengan kedalaman 11 Km. Belum diketahui dampak dari gempa yang dirasakan pagi ini, baik di Mentawai maupun di wilayah Kota Padang. Aktivitas masyarakat masih terpantau normal.

Sementara gempa dengan magnitudo 7,5, pada 11 September 2022 pada pukul 06:47:01 WIB di titik 6.36 LS, 146.55 BT.

BMKG melaporkan pusat gempa berada di darat 352 km Barat Laut PORTMORESBY-PNG dengan kedalaman 116 Km. Gempa ini dirasakan di Merauke, Jayapura, dan Wamena.

Koordinator Mitigasi Gempa dan Tsunami BMKG Daryono menyatakan saat ini dari hasil monitoring muka laut Tide Gauge (BIG) di Sikabaluan tampak normal, dan tidak ada anomali muka laut.

Hingga berita ini diturunkan, tagar gempa menghiasi jajaran trending topic di Twittter. 

Sumber : Bisnis.com, Twitter

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Dies Natalis Sanata Dharma ke-67, Dorong Semangat Persaudaraan

Sleman
| Senin, 03 Oktober 2022, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Perhatian! Sewa Jip di Tebing Breksi Bakal Naik Rp50.000 Mulai 1 November 2022

Wisata
| Minggu, 02 Oktober 2022, 18:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement