Advertisement

Usulan Jalur Sepeda di Tol Jogja Solo Disetujui Pemerintah

Taufik Sidik Prakoso
Rabu, 07 September 2022 - 17:42 WIB
Budi Cahyana
Usulan Jalur Sepeda di Tol Jogja Solo Disetujui Pemerintah Ilustrasi jalan tol - JIBI/Bisnis.com/Himawan L Nugraha

Advertisement

Harianjogja.com, KLATEN—Usulan pembangunan jalur sepeda di Tol Jogja Solo disetujui pemerintah. PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM) menyiapkan desain rencana jalur sepeda tersebut.

General Manager Lahan dan Utilitas PT JMM, M. Tilawatil Amin, mengatakan ada tahapan yang harus dilalui agar rencana itu disetujui pemerintah secara resmi. Namun, dia mengatakan usulan itu sudah disetujui pemerintah pusat.

Advertisement

“Secara lisan, usulan disetujui. Tetapi untuk persetujuan secara tertulis ada tahapan-tahapannya,” kata Amin, Rabu (7/9/2022).

Salah satu tahapan itu, yakni pembuatan desain. Saat ini, desain usulan jalur khusus sepeda masih dibuat. Setelah mendapatkan persetujuan secara tertulis, pembangunan jalur khusus sepeda di samping jalan tol bisa direalisasikan.

Rencananya, jalur khusus sepeda yang diusulkan berada di salah satu sisi jalan tol. Satu jalur sepeda bisa digunakan untuk dua arah. Soal panjang jalur khusus sepeda, Amin berharap bisa mengikuti panjang jalan Tol Jogja Solo Seksi 1 atau Kartasura-Purwomartani.

Amin menjelaskan saat ini persentase pengerjaan proyek fisik 21,5 persen untuk seksi 1 atau Kartasura-Purwomartani. Amin optimistis pembangunan jalan tol bisa rampung sesuai rencana.

“Untuk seksi 1 targetnya selesai awal 2024,” kata dia.

BACA JUGA: Luar Biasa! Jalur Khusus Sepeda Tol Jogja-Solo Seksi 1 Telan Dana Rp200 Miliar

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Klaten, Jajang Prihono, mengatakan usulan jalur khusus sepeda itu untuk jalur olahraga hingga pariwisata.

“Harapan kami Tol Jogja Solo tidak menjadikan Klaten sepi. Sebaliknya, kami berharap Klaten lebih ramai. Di sepanjang jalur tol bisa dimanfaatkan untuk mendukung wisata dan memberi nilai tambah untuk ekonomi warga. Saya kira dengan penambahan jalur untuk sepeda akan lebih menarik,” ungkap dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Komplotan Spesialis Pengganjal ATM di Gerai Ritel Modern Ditangkap Polresta Jogja

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement