Advertisement

Unimma Buka Prodi Sarjana Teknik Mesin

Nina Atmasari
Minggu, 21 Agustus 2022 - 19:57 WIB
Nina Atmasari
Unimma Buka Prodi Sarjana Teknik Mesin Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Magelang melakukan praktikum di Laboratorium. - Harian Jogja/Nina Atmasari

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG - Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) membuka Program Studi (Prodi) Sarjana Teknik Mesin yang dikelola Fakultas Teknik, di kampus 2 Unimma. Prodi baru ini resmi diluncurkan secara resmi oleh Rektor Unimma Lilik Andriyani, pada Sabtu (19/8/2022).

Prodi Teknik Mesin Unimma ini membuka tiga jalur pendidikan, yakni program regular untuk para lulusam SMA/SMK, program transfer yang bisa diikuti lulusan D3 Engineering dan program rekognisi pembelajaran lampau (RPL) yang dikhususkan bagi lulusan D3 Teknik Mesin yang punya pengalaman kerja di bidang teknik mesin, minimal 2 tahun.

Advertisement

Rektor Unimma Lilik Andriyani mengatakan penambahan program studi baru ini menambah kekuatan Unimma secara kelembagaan menjadi 22 program studi. "Launching ini akan memperkuat upaya memberikan kontribusi terhadap kebutuhan maksyarakat kita terhadap keahlian teknik mesin. Ini sesuai Roadmap Unimma menjadi salah satu universitas penopang pada 2045," katanya.

Baca juga: KPK : Rektor Unila Patok Harga Seleksi Masuk Mahasiswa hingga Rp350 Juta

Ketua Tim Pendiri Prodi Teknik Mesin Unimma Prof Muji Setiyo menyebut Prodi Teknik Mesin Unimma punya keunikan di antaranya mengusung metode belajar student as partner, yakni mana menjadikan mahasiswa sebagai mitra kerja para pengajar. Mahasiswa akan dibimbing sesuai peminatan oleh para dosen, peneliti, dan praktisi industri.

"Artinya, mahasiswa tidak hanya diberikan materi perkuliahan, namun dikembangkan menjadi engineer, akademisi, dan technopreneur melalui pengalaman riset dan proyek Merdeka Belajar," ungkapnya, usai peluncuran di Kampus 2 Unimma, Mertoyudan, Kabupaten Magelang.

Prof Muji optimistis, Prodi Teknik Mesin akan berkembang pesat. Bisa bersaing di tingkat nasional hingga global. Karena itu, Prodi Teknik Mesin mengusung visi keilmuan sustainability engineering untuk industri dan masyarakat. Ia percaya diri bahwa lulusannya tidak hanya mahir dalam desain engineering, tapi juga praktik engineering yang menjaga kelestarian lingkungan.

Baca juga: Masih Ada 5 Kalurahan di Gunungkidul yang Rentan Pangan

Hal itu diperkuat dengan dosen-dosen yang memiliki kepakaran relevan, di antaranya ada lima dosen bergelar doktor, dan satu guru besar. Prof Muji juga menambahkan, infrastruktur akademik yang dimilikinya sudah lengkap. Serta didukung dengan dua jurnal bereputasi global, yakni automotive experiences (AE) dan mechanical engineering for society and industry (MESI) sebagai media diskusi vital sivitas akademika, industri, masyarakat.

Dekan Fakultas Teknik Unimma Yun Arifatul Fatimah mengatakan Prodi Teknik Mesin langsung mendapat sambutan hangat dari masyarakat. "Sudah ada 10 pendaftar mahasiswa untuk jalur reguler, 14 pendaftar RPL Prodi Teknik Mesin," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement