Advertisement

Subsidi Energi Jadi Salah Satu Jurus Jokowi untuk Menekan Harga BBM

Nyoman Ary Wahyudi
Kamis, 18 Agustus 2022 - 10:07 WIB
Jumali
Subsidi Energi Jadi Salah Satu Jurus Jokowi untuk Menekan Harga BBM Ilustrasi. - Bisnis/Felix Jody Kinarwan

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut pemberian subsidi energi sebesar Rp502 triliun pada tahun ini merupakan salah satu jurus untuk menekan harga BBM agar tidak melambung tinggi.

Kepala Negara menuturkan subsidi energi tersebut diberikan setelah anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) 2022 mengalami surplus mencapai Rp106 triliun.

“Ini agar harga BBM di tengah masyarakat tidak melambung tinggi selain itu ekonomi berhasil tumbuh positif di angka 5,44 persen pada kuartal II/2022,” katanya saat menyampaikan Pidato dalam Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD Tahun 2022 di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD, Selasa (16/08/2022).

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Dia menurutkan sampai pertengahan tahun ini APBN surplus Rp106 triliun, sehingga pemerintah mampu memberikan subsidi BBM, LPG, dan listrik sebesar Rp502 triliun.

Jokowi mengatakan alokasi subsidi energi yang relatif besar itu diambil untuk menjaga daya beli masyarakat tetap terjaga di tengah bayang-bayang inflasi global yang merangkak naik pada tahun ini. Dia memastikan pemerintah berhasil menahan laju inflasi domestik di angka 4,9 persen. Angka itu, kata dia, relatif lebih rendah dari torehan sejumlah negara di Asia dan negara maju lainnya.

“Angka ini jauh di bawah rata-rata negara Asia di kisaran 7 persen, jauh di bawah negara-negara yang mencapai 9 persen,” tuturnya.

Sebelumnya, Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat kekeh menahan kuota BBM bersubsidi kendati eksekutif telah meminta pelonggaran tambahan kuota sejak April 2022. Banggar meminta pemerintah untuk menaikkan harga sejumlah komoditas energi menyusul posisi fiskal yang terhimpit hingga paruh kedua tahun ini.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Capaian Vaksin Lengkap PMK Sleman Baru Sekitar 16 Persen

Sleman
| Sabtu, 24 September 2022, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendekar Roti Kolmbeng Terakhir di Jogja

Wisata
| Sabtu, 24 September 2022, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement