Advertisement

Koalisi Indonesia Bersatu Buka Ruang untuk Parpol Lain Bergabung di Pemilu 2024

Newswire
Senin, 15 Agustus 2022 - 14:17 WIB
Budi Cahyana
Koalisi Indonesia Bersatu Buka Ruang untuk Parpol Lain Bergabung di Pemilu 2024 Para pemimpin partai politik (parpol) yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB): Airlangga Hartarto, Zulkifli Hasan dan Suharso dan Monoarfa sempat kesulitan memasuki Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) saat ingin mendaftarkan partai mereka jadi calon peserta Pemilu 2024, Rabu (10/8/2022). - JIBI/Bisnis.com/Surya Dua Artha Simanjuntak

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) membuka ruang bagi partai politik (parpol) lain yang memiliki satu ide dengan mereka bergabung ke dalam koalisi tersebut.

"KIB masih membuka ruang bagi partai politik lain yang satu ide dengan KIB untuk bergabung dalam koalisi," kata Airlangga dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (15/8/2022).

BACA JUGA: Viral! Ibu-ibu Bermobil Mewah Nyolong Cokelat di Alfamart, Pegawai Toko Malah Disuruh Minta Maaf

Menurut dia, pada dasarnya KIB yang digawangi Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) terbuka dengan persamaan gagasan dan pemikiran untuk kemajuan Indonesia.

Di samping itu, KIB masih membuka ruang aspirasi dan masukan dari seluruh kalangan terkait dengan visi dan misi koalisi, terutama dari kalangan akademisi, cendekiawan, dan masyarakat luas yang telah disampaikan KIB dalam acara Penyampaian Visi dan Misi KIB di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (14/8/2022).

Dalam kesempatan itu, Airlangga menyampaikan bahwa kesepakatan visi dan misi merupakan bagian kedua dari perjalanan KIB.

Visi dan misi itu di antaranya adalah sebagai tiga partai politik yang berpengalaman di pemerintahan dengan ketiga ketua umumnya yang merupakan menteri dalam Kabinet Indonesia Maju, KIB menawarkan diri untuk melanjutkan capaian prestasi dan keberhasilan kebijakan pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo itu.

 “KIB menawarkan keberlanjutan dan transformasi yang berpijak pada tantangan kontekstual yang dihadapi bangsa kita saat ini di tengah ketidakpastian geopolitik dan situasi ekonomi global yang tidak menentu,” ujar Airlangga.

Di samping itu, KIB bertekad mengedepankan ide dan gagasan dalam perpolitikan nasional menuju Pemilu 2024, serta memenuhi ruang politik nasional dengan perdebatan ide dan pemikiran bagi kemajuan bangsa.

BACA JUGA: Pemuda Ini Ungkap Alasannya Buka Wisata di Area Terpencil Gunungkidul

Advertisement

Pada kesempatan yang sama, KIB menegaskan akan memerangi politik identitas yang berpotensi memecah belah bangsa Indonesia.

 “Terlalu besar taruhannya jika dalam kontestasi pemilu nanti kita kembali terjebak dalam polarisasi politik yang dapat mengoyak tenun kebangsaan kita,” ucap Airlangga.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Vakum 2 Tahun, Festival Keroncong kembali Digelar di Gunungkidul

Gunungkidul
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 04:47 WIB

Advertisement

alt

Hadir Tempat Glamping Baru di Jogja, Arkamaya Sembung Namanya

Wisata
| Jum'at, 30 September 2022, 15:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement