Advertisement

Tingkatkan Kualitas Lulusan SMK, Gamelab Indonesia Luncurkan Program SMK Binaan Lulusan SMK

Media Digital
Jum'at, 05 Agustus 2022 - 12:27 WIB
Budi Cahyana
Tingkatkan Kualitas Lulusan SMK, Gamelab Indonesia Luncurkan Program SMK Binaan Lulusan SMK Gamelab Indonesia meluncurkan Program SMK Binaan Lulusan SMK. - Istimewa

Advertisement

JOGJA—Menurut survei BPS pada Februari 2022, lebih dari 1,8 juta lulusan SMK di Indonesia masih menganggur. Padahal, siswa SMK digadang-gadang menjadi lulusan yang siap kerja.

Tingkat pengangguran terbuka (TPT) dari lulusan SMK menjadi salah satu yang paling tinggi dibandingkan dengan jenjang lainnya. Hal ini tentu kontradiktif dengan tujuan utama pendidikan SMK yang diharapkan menghasilkan lulusan yang siapkerja.

Advertisement

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Ditjen Vokasi memiliki program link and match antara SMK dan pihak industri agar lulusan SMK lebih siap kerja. Dalam program ini, SMK harus mempunyai industri pendamping yang linear dengan jurusan yang ada di sekolah.

Sekolah ditekankan untuk melakukan sinkronisasi kurikulum dengan pihak industri. Sekolah juga perlu memfasilitasi siswanya agar dapat melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) sesuai dengan jurusan yang diambil.Selain itu, sekolah perlu menerapkan sistem Project Based Learning (PBL) di dalam pembelajarannya dan memiliki unit produksi (teaching factory) untuk meningkatkan keterampilan siswa.

Ditjen Vokasi menggandeng berbagai industri sebagai mitra untuk mensukseskan program ini. Salah satunya adalah PT Educa Sisfomedia Indonesia – Gamelab Indonesia yang sudah menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Kemendikbud melalui Ditjen Vokasi untuk turut serta memajukan pendidikan vokasi di Indonesia, khususnya SMK.

Penandatanganan ini merupakan bentuk komitmen Gamelab yang sejalan dengan instruksi Presiden Joko Widodo dalam Inpres Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan agar lulusan SMK lebih siap menghadapi industri 4.0.

Sesuai instruksi presiden tersebut, Gamelab turut mengambil peran aktif dengan menyediakan berbagai program untuk meningkatkan kompetensi siswa SMK agar sesuai standar industri, sehingga lulusan SMK mampu bekerja ataupun berwirausaha.

Gamelab Indonesia adalah bagian dari PT Educa Sisfomedia Indonesia (atau lebih dikenal Educa Studio) perusahaan pengembangan game edukasi MARBEL (Mari Belajar) yang telah diunduh lebih dari 35 juta kali. Gamelab memiliki program-program yang bertujuan meningkatkan kualitas lulusan SMK dan Perguruan Tinggi Vokasi. Program-program tersebut adalah Kelas Industri, PKL Siswa dan Magang Guru, Teaching Factory, serta Intensive Bootcamp.

Melalui inovasi teknologi (platform), semua program ini bisa dilakukan secara blended (campuran antara luring dan daring). Program-program ini berhasil membantu mengimplementasikan program link and match antara SMK dan industri dengan lebih efisien dan efektif tanpa terhalang faktor geografis.

Pada program Kelas Industri, Gamelab menyediakan kurikulum industri melalui LMS (Learning Management System), menggunakan metode PBL (Project Based Learning), dan menghadirkan praktisi industri sebagai guru tamu sekolah. Dengan metode PBL, siswa bisa meningkatkan keterampilannya dengan mengerjakan proyek riil di dunia industri.

Sementara itu, untuk program PKL Siswa dan Magang Guru, Gamelab menyajikan inovasi pelatihan dan magang jarak jauh yang fleksibel. Durasi magang dapat dilakukan antara 3 hingga 6 bulan. Bidang kompetensi yang bisa diambil juga lengkap dan beragam mencakup bidang game dan teknologi, kreatif dan desain, serta manajemen dan bisnis.

Melalui program Teaching Factory, Gamelab membawa suasana industri ke sekolah agar siswa dapat merasakan langsung bagaimana prosedur dan standar kerja industri yang sesungguhnya. Dengan demikian, sekolah dapat menghasilkan produk yang dapat memenuhi ekspektasi industri.

Gamelab juga menyediakan program Intensive Bootcamp yang cocok diikuti oleh lulusan SMK dan perguruan tinggi yang ingin mengoptimalkan keterampilan secara penuh dan intensif. Setelah lulus dari program ini, peserta dibantu penyaluran kerja di hiring partners yang telah bekerja sama dengan Gamelab.

Program SMK Binaan Gamelab

Sebagai wujud nyata link and match antara SMK dan industri serta program revitalisasi vokasi, Gamelab menghadirkan Program SMK Binaan untuk mewujudkan lulusan SMK yang berkompeten, siap kerja, dan siap wirausaha.

SMK Binaan Gamelab adalah SMK yang telah bekerja sama dengan Gamelab dan mengikuti keseluruhan program-program pendampingan yang mengacu pada rumus 8+i program link and match. Mulai dari sinkronisasi kurikulum, Kelas Industri PBL (Project Based Learning), adanya guru tamu dari industri, PKL (Magang), pelatihan dan magang guru, Teaching Factory (TeFa), Sertifikasi (Uji Kompetensi), Job Matching untuk lulusan, dan pemanfaatan bersama sarana prasarana.

Ratusan SMK di seluruh Indonesia (negeri maupun swasta) telah bekerja sama dengan Gamelab meningkatkan kompetensi siswanya agar sesuai dengan kebutuhan industri. Program SMK Binaan Gamelab mencakup beberapa bidang kompetensi: Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim (PPLG), Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Teknik Jaringan Komputer (TKJ), Desain Komunikasi Visual (DKV), Multimedia (MM), Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL), Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP), dan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP).

Tertarik meningkatkan kualitas lulusan dan menjadi SMK/PTV Binaan Gamelab? Silahkan membuka website www.gamelab.id atau secara langsung menghubungi Program Manager Gamelab (Septi) di Septi Gamelab Indonesia. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kabupaten Sleman Prioritaskan Pembangunan Pertanian

Sleman
| Kamis, 25 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement