Advertisement

Solo Tegas Melarang Fashion Show di Jalan Raya, Nekat Dipidana!

Bernadheta Dian Saraswati
Jum'at, 29 Juli 2022 - 11:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Solo Tegas Melarang Fashion Show di Jalan Raya, Nekat Dipidana! Poster larangan fashion show di jalan raya Kota Solo - Instagram @satlantassurakarta

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Satlantas Polresta Solo dengan tegas melarang masyarakat untuk melakukan fashion show di jalan raya. Larangan itu menanggapi aksi serupa yang viral di Jakarta belakangan ini yaitu Citayam Fashion Week.

Larangan itu secara resmi diumumkan dalam laman Instagram Satlantas Surakarta pada Kamis (28/7/2022) kemarin.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Dalam unggahannya, masyarakat dilarang melakukan kegiatan fashion show atau kegiatan lainnya dengan menggunakan jalan raya yang tidak sesuai dengan peruntukannya atau fungsi jalan. 

Satlantas Surakarta juga mengunggah sebuah poster bergambar orang-orang sedang fashion show di atas zebra cross. Sementara di tempat yang sama juga ada kendaraan lain yang ingin melintas dan harus terhenti karena aksi mereka.

Baca juga: Baim Wong Bayar Rp1,8 Juta untuk Daftarkan Merek Citayam Fashion Week

"SELAIN HAK KITA, JUGA ADA HAK PENGGUNA JALAN LAINNYA YANG HARUS DIHORMATI," tulis Satlantas Surakarta dikutip Harianjogja.com, Jumat (29/7/2022).

Jajaran Satlantas Surakarta juga mengajak masyarakat untuk menanamkan kesadaran untuk tertib berlalulintas

Advertisement

demi keselamatan diri sendiri dan orang lain.

Penggunaan jalan yang tidak sesuai dengan peruntukannya dapat mengakibatkan kemacetan kepadatan lalu lintas dan potensial terjadinya laka lantas.

Dilansir dari Solopos.com, Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, melalui Kasatlantas Polresta Sol, Kompol Agus Santoso, mengonfirmasi adanya sosialisasi di Instagram tersebut. “Ya kan ada fenomena Citayam Fashion Week itu, pasti lambat laun akan merembet ke daerah-daerah. Pak Kapolresta Solo mengantisipasi hal itu,” ujarnya, Kamis (28/7/2022).

Advertisement

Agus menegaskan warga dilarang keras memanfaatkan jalan di Solo untuk kegiatan yang tak sesuai fungsinya seperti melakukan fashion show menyeberangi zebra cross. Polisi tidak akan segan-segan mengambil tindakan tegas bila ada pihak-pihak yang nekat melakukan peragaan busana di jalan raya.

Bahkan menurut Agus ada jeratan hukum atau sanksi pidana bagi penyelenggara dan yang terlibat fashion show di jalan. “Kami tindak tegas. Kalau menggunakan jalan bukan untuk peruntukannya ada ancaman pidananya. Kan mengganggu fungsi jalan itu. Bisa dikenai pidana itu, UU Lalu Lintas. Itu merusak dan atau mengganggu fungsi jalan, ada aturannya,” tuturnya.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Instagram

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Warga di Sleman Gelar Nobar Prosesi Pernikahan Kaesang-Erina

Sleman
| Kamis, 08 Desember 2022, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Jalan Layang Paling Membingungkan di Dunia, Perlu 10 Menit Keluar Kalau Salah Jalur

Wisata
| Rabu, 07 Desember 2022, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement