Advertisement

Dukung ASEAN Paragames 2022, PLN Pastikan Pasokan Listrik Aman

Media Digital
Rabu, 27 Juli 2022 - 19:57 WIB
Arief Junianto
Dukung ASEAN Paragames 2022, PLN Pastikan Pasokan Listrik Aman PLN memastikan pasokan listrik di salah satu venue ASEAN Paragames 2022 di Solo. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA -- Dalam rangka mendukung penyelenggaraan ASEAN Paragames XI di Kota Solo pada 30 Juli–6 Agustus 2022 mendatang, PT PLN (Persero) memastikan keandalan listrik di lokasi penyelenggaraan pertandingan serta lokasi pendukung lainnya.

Direktur Bisnis Regional Jawa, Madura, dan Bali PLN, Haryanto WS mengatakan PLN siap mengawal keandalan listrik salah satunya dengan memperkuat infrastruktur kelistrikan menyambut pesta olahraga khusus atlet difabel terbesar se-Asia Tenggara tersebut.

Advertisement

“PLN telah membangun infrastruktur dan penguatan jaringan listrik dengan pemasangan tiang sisipan, penarikan kabel tambahan, dan pemasangan kubikel,” kata Haryanto melalui rilis, Rabu, (27/7/2022).

BACA JUGA: Kerja Sama BUMN dan Jepang Didorong pada 3 Sektor Ini

Selain dari segi pasokan, PLN juga menyiapkan keamanan berlapis dengan menyediakan delapan Unit Gardu Berjalan (UGB), 25 unit Uninterrutible Power Supply (UPS), tiga Unit Kabel Bergerak (UKB), dan 14 unit genset dengan total peralatan sebanyak 50 unit.

Peralatan backup tersebut dilengkapi dengan Automatic Change Over Switch (ACOS). "ACOS merupakan perangkat yang berfungsi untuk memindahkan beban dari sumber listrik utama ke sumber cadangan secara otomatis dan relatif singkat, sehingga kontinyuitas suplai listrik akan terus terjaga,” ujarnya.

Selama periode siaga 30 Juli–6 Agustus 2022, lanjut dia, PLN menyiapkan total sebanyak 639 personil yang terdiri dari 42 personel Posko Pembangkitanan, 42 personel Pengatur Beban, 60 personel Transmisi Gardu Induk, 183 personel Distribusi PDKB, dan 312 personel Pelayanan Teknik. Petugas tersebut disiagakan di 14 lokasi pertandingan dan 16 lokasi pendukung.

Selain itu para personel siaga juga didukung dengan 35 unit armada kendaraan teknis yang terdiri dari 22 unit kendaraan roda 4, delapan unit kendaraan roda 2, dan lima Unit mobil PDKB Sentuh Langsung.

"PDKB salah satu tim yg disiapkan untuk siaga keandalan ASEAN Paragames di Solo, Tim ini bisa melakukan perbaikan, pemeliharaan, perluasan, modifikasi konstruksi dalam keadaan bertegangan sehingga tidak mengganggu suplai selama kegiatan," imbuhnya.

Ada 14 venue utama yang menjadi menjadi prioritas pengamanan PLN, yakni Stadion Manahan Solo, Edutorium UMS, Sport Center UNS, Hotel Solo Paragon, Tirtonadi Convention Hall, Stritex Arena, Manahan Tennis Center, UNS Sport Center Kentingan, Stadion Kota Barat, Techno Park Solo, UTP Sport Center, Lor-In Dwangsa Hotel, dan GOR Jatidiri Semarang.

"Dengan persiapan yang telah kami lakukan secara matang ini, harapannya dapat mendukung kelancaran acara. PLN terus berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga kelistrikan agar tetap andal," ucap Haryanto.

BACA JUGA: Ngeri! Tawuran Antar Geng di Haiti, 200 Orang Tewas!

Di kesempatan yang sama persiapan yang dilakukan oleh PLN ini disambut baik oleh Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. “Terima kasih sekali dukungan dari PLN di setiap venue dan fasilitas-fasilitas lainnya seperti di hotel, luar biasa sekali dukungannya dan sudah disiapkan juga plan A plan B untuk backup terutama untuk acara yang paling krusial yaitu opening dan closing ceremony,” ungkapnya.

Asean Para Games XI Solo 2022 adalah ajang olahraga multicabang yang diikuti para atlet difabel se-Asia Tenggara yang mempertandingkan 14 cabang olahraga seperti atletik, boccia, panahan, judo, angkat berat, renang, tenis meja, tenis lapangan, catur, lawn bowls, bulu tangkis, balap sepeda, menembak dan voli duduk.

Ajang ini diikuti oleh 1.285 atlet dari 11 negara di Asia Tenggara yaitu Indonesia selaku tuan rumah, Laos, Myanmar, Timor Leste, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, Kamboja, dan Brunei Darussalam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Lulusan Pertanahan Disebut AHY Harus Tahu Perkembangan Teknologi

Sleman
| Kamis, 25 April 2024, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement